The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misteri Keajaiban 'Keluarga Madrigal' di Film Encanto, Beneran Ada di Dunia Nyata?
Ilustrasi realisme magis (The Writer)
Fakta Dan Mitos

Misteri Keajaiban 'Keluarga Madrigal' di Film Encanto, Beneran Ada di Dunia Nyata?

Selasa, 15 Februari 2022 13:18 WIB 15 Februari 2022, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Film animasi Disney terbaru, Encanto masih digandrungi penonton. Diketahui, film itu menceritakan kisah Keluarga Madrigal di kota Encanto, pelosok pegunungan Kolombia yang memiliki keajaiban tak biasa.

Keluarga Madrigal diberi keajaiban dengan keistimewaan yang luar biasa setelah selamat dari tragedi. Bahkan rumah yang mereka tinggali sangat magis karena bisa bergerak seperti makhluk hidup.

Misalnya ibu dari Mirabel (karakter utama) yang dalam cerita bisa mengobati orang dengan makanan yang dimasaknya. Maribel juga punya seorang bibi yang punya kemampuan untuk mengendalikan cuaca.

disney
Keluarga Madrigal (Dok. Disney)

Belum lagi dua kakak perempuannya yang masing-masing memiliki kekuatan tak seperti manusia dan bahkan bisa menumbuhkan bunga sesuka hati. Dan seorang sepupunya punya pendengaran yang di luar jangkauan.

Apakah keajaiban-keajaiban yang dimiliki oleh Keluarga Madrigal ada terjadi di kehidupan nyata?

Film Encanto sendiri terinspirasi dari cerita magical realism atau realisme magis, sebuah aliran sastra yang menggunakan pendekatan realis/kejadian sehari-hari dengan gabungan elemen magis di dalamnya.

Aliran sastra yang satu ini pertama kali muncul melalui karya-karya dari penulis Amerika Selatan, yang mana Kolombia, latar film Encanto merupakan salah satu negara yang berada di benua tersebut.

Dalam kesustraan aliran realisme magis biasanya menampilkan kejadian sehari-hari yang dihubung-hubungkan dengan fenomena yang diluar nalar manusia seperti sihir, magis, mitos, hingga dunia alternatif.

realisme magis
Ilustrasi realisme magis (Istimewa)

Dengan ciri-ciri demikian, tak heran membuat sastra realisme magis terkadang disamakan dengan fantasi, namun keduanya adalah hal yang berbeda.

Sebab realisme magis dituliskan berdasarkan kehidupan nyata yang terjadi sehari-hari, lalu ditambahkan dengan unsur-unsur magis, sihir serta mitos-mitos.

Dapat disimpulkan bahwa keajaiban-keajaiban Keluarga Madrigal di film Encanto tidak ada di dunia nyata. Film tersebut berasal dari karya sastra realisme magis yang telah menjadi kebudayaan di Amerika Selatan, khususnya Kolombia yang menjadi latar film tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US