The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Nyamuk Jadi Serangga Paling Mematikan di Bumi
Nyamuk. (Pexels/Jimmy Chan)
Fakta Dan Mitos

Alasan Nyamuk Jadi Serangga Paling Mematikan di Bumi

Minggu, 29 Mei 2022 20:35 WIB 29 Mei 2022, 20:35 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian besar serangga memang tidak membahayakan kita. Namun, ada satu serangga di sekitar kita yang disebut sebagai serangga paling mematikan di bumi, yaitu nyamuk.

Nyamuk memang sangat jarang merugikan kita, namun hewan sering berdiam di tempat gelap tersebut membawa penyakit yang bisa membuat kondisi seseorang menjadi sangat lemah bahkan berujung kematian.

Nyamuk anopheles yang terinfeksi membawa parasit dalam genus Plasmodium, penyebab penyakit mematikan malaria. Itulah sebabnya nyamuk tersebut dijuluki sebagai nyamuk malaria.

Parasit berkembang biar di dalam tubuh nyamuk. Ketika nyamuk betina menggigit Amanusia untuk menghisap darahnya, parasit dipindahkan ke inang manusia.

Baca juga: Awas! Bahaya Penyakit Dengue yang Ditularkan Nyamuk Aedes Aegypti, Ini Cara Mengatasinya

Sebabkan lebih dari 1 juta kematian setiap tahun

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 212 juta orang menderita penyakit yang melemahkan pada tahun 2015. Kemudian, setengah dari populasi dunia hidup berisiko tertular malaria.

Afrika menjadi salah satu negara penyumbang kasus malaria terbanyak di mana 90 persen kasus malaria dunia terjadi. Rata-rata penderitanya adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Diperkirakan sebanyak 303.000 anak meninggal karena malaria pada tahun 2015. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, kasus malaria telah menurun berkat sejumlah metode intervensi.

Ini termasuk penggunaan insektisida pada kelambu dan penyemprotan di dalam ruangan di daerah yang paling rentan terkena malaria. Kemudian juga ada peningkatan yang signifikan dalam terapi kombinasi berbasi artemisinin (ACT) yang sangat efektif dalam mengobati malaria.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US