The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Survei Galaksi Bimasakti Tangkap Miliaran Benda Langit, Jadi Katalog Terbesar Sejauh Ini
Cuplikan kecil dari Survei Pesawat Kamera Energi Gelap (DECaPS2) terhadap Bimasakti (NSF's NOIRLab)
Fakta Dan Mitos

Survei Galaksi Bimasakti Tangkap Miliaran Benda Langit, Jadi Katalog Terbesar Sejauh Ini

Rabu, 25 Januari 2023 08:00 WIB 25 Januari 2023, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini, para astronom telah merilis survei raksasa galaksi Bimasakti. Survei tersebut berhasil merangkum kumpulan data baru yang berisi 3,32 miliar objek langit yang mengejutkan. 

Hasil bisa dibilang sebagai katalog terbesar sejauh ini. Sebab ditemukan banyak benda langit baru di galaksi Bimasakti.

Dikutip dari National Geographic, survei ini diambil dengan Kamera Energi Gelap yang dibuat oleh Departemen Energi AS di Observatorium Antar-Amerika Cerro Tololo NSF di Chili. Survei ini juga menjadi sebuah Program NOIRLab yang berhasil membuktikan galaksi Bimasakti berisi ratusan miliar bintang. 

Di dalamnya juga ada wilayah pembentuk bintang yang berkilauan dan awan debu serta gas yang menjulang tinggi. Pencitraan dan katalogisasi objek-objek ini sebenanrya sulit untuk dipelajari.

Baca juga: Bimasakti, Nama Sakral Galaksi yang Diambil dari Tokoh Pewayangan

Akan tetapi kumpulan data astronomi yang baru dirilis yang dikenal sebagai rilis data kedua dari Survei Pesawat Kamera Energi Gelap (DECaPS2) mengungkapkan jumlah yang mengejutkan dari objek-objek ini dalam detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Identifikasi 3,32 Miliar Benda Langit

benda langit galaksi bimasakto
Gambar beresolusi rendah dari data DECaPS2 dihamparkan pada gambar yang menunjukkan langit penuh. Kotak info adalah tampilan resolusi penuh dari sebagian kecil data DECaPS2 (DECaPS2/DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA)

Survei DECaPS2, membutuhkan waktu dua tahun untuk diselesaikan dan menghasilkan lebih dari 10 terabyte data dari 21.400 paparan individu.

Kabar baiknya survei ini berhasil mengidentifikasi sekitar 3,32 miliar objek.
Koleksi yang belum pernah ada sebelumnya ini ditangkap oleh instrumen Dark Energy Camera (DECam) pada Víctor M. Blanco 4-meter Telescope di Cerro Tololo Inter-American Observatory (CTIO).

Baca juga: Teleskop Webb Tangkap Gambar Warna-Warni Galaksi Cartwheel, Hasilnya Jernih Banget!

CTIO sendiri merupakan sebuah Program NOIRLab NSF. CTIO yang menjadi bagian konstelasi teleskop astronomi internasional yang bertengger di atas Cerro Tololo di Chili pada ketinggian 2200 meter. 

Titik pandang CTIO yang tinggi memberi para astronom pandangan yang tak tertandingi dari belahan langit selatan, yang memungkinkan DECam menangkap pesawat Galaksi selatan dengan sangat detail.

    
        


 



Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US