The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Calon Arang, Kisah Janda Tua Sakti di Bali Ternyata Berasal dari Kediri: Buktinya di Sini
Situs Calon Arang di Kediri (Z Creators/Dio Masafan Mufio)
Fakta Dan Mitos

Calon Arang, Kisah Janda Tua Sakti di Bali Ternyata Berasal dari Kediri: Buktinya di Sini

Jumat, 11 November 2022 15:26 WIB 11 November 2022, 15:26 WIB

INDOZONE.ID - Sosok Rangda, Leak dan Barong yang melegenda di Bali ternyata memiliki sejarah di Pulau Jawa, tepatnya berada di Kediri.

Lahirnya sosok Leak konon berawal dari Calon Arong. Tim Z Creators, Dio Masafan, menelusuri jejaknya di Situs Calon Arang di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Berada di tengah-tengah ladang tebu dan akses jalannya yang cukup sulit, konon situs bersejarah ini diselimuti kisah horor dan mistis yang masih kental. Situs ini dipercaya menjadi tempat tinggal Calon Arang atau Nyai Girah.

gapura situs calon arang
Situs Calon Arang yang kental nuansa mistis (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Konon, dia adalah seorang ibu yang sakit hati karena putrinya Ratna Manggali tak juga dinikahi oleh Raja Airlangga. Ia pun murka, lalu berubah menjadi leak dan menggunakan ilmu hitamnya untuk menebar penyakit ke seluruh wilayah di Kediri pada abad ke-11. Namun, ulahnya itu bisa ditangani oleh Mpu Baradah, orang kepercayaan Raja Airlangga.

situs calon arang
Suasana di Situs Calon Arang (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Situs Calon Arang banyak dikunjungi oleh peziarah dari dalam maupun luar kota. Biasanya peziarah dari Bali datang ke situs ini setiap Satu Suro. 

"Kalau waktu Satu Suro peziarah dari Bali biasa rombongan, jumlahnya sampai ratusan orang. Pada suatu waktu Bupati Denpasar juga pernah datang untuk berziarah" Tutur Agus, juru kunci situs Calon Arang.

Di lokasi yang cukup tersembunyi itu terdapat pendopo yang berisi benda-benda purbakala yakni umpak, lumpang, beberapa balok batu, fragmen arca, dan komponen batu lainnya. Batu-batu tersebut berada di bawah pohon preh yang diyakini sebagai pohon keramat.

situs calon arang
Gapura menuju Situs Calon Arang (Z Creators/Dio Masafan Mufio)

Pemerintah Kabupaten Kediri juga ikut melestarikan situs ini dengan berbagai kegiatan budaya. Upaya itu dilakukan karena Situs Calon Arang merupakan warisan budaya yang perlu dijaga supaya tak menjadi sasaran perusakan dan vandalisme orang tak dikenal.  

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Dio Masafan Mufio Rois
Dio Masafan Mufio Rois

Dio Masafan Mufio Rois

Community Writer
JOIN US
JOIN US