Jijik, Ini 3 Parasit Paling Kejam yang Ada di Sekitar Kamu
Jewel Wasp (Ampulex compressa). (Jeffrey Satria)
Fakta Dan Mitos

Jijik, Ini 3 Parasit Paling Kejam yang Ada di Sekitar Kamu

Pernah melihatnya?

Minggu, 05 April 2020 18:20 WIB 05 April 2020, 18:20 WIB

INDOZONE.ID - Parasit merupakan organisme yang hidup bergantung pada makhluk lain dan merugikan karena biasa menyerap nutrisi dari inangnya.

Tak hanya menyerap nutrisi, beberapa parasit terbilang begitu kejam. Karena selain menggerogoti inangnya, parasit ini juga bisa membuat inangnya hilang kontrol seperti zombie dan mengikuti arahannya.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/4/2020), inilah 3 parasit paling kejam yang ada di sekitar kamu!

1. Hairworm (Spinochordodes Tellinii)

3 Parasit Paling Kejam yang Ada di Sekitar Kamu!
Belalang yang terinfeksi hairworm (Spinochordodes Tellinii). (Wikipedia)

Cacing ini merupakan parasit yang benar-benar mengerikan yang hidup di air tawar dan menginfeksi hewan air, hingga serangga seperti jangkrik atau belalang.

Ketika seekor belalang sudah terinfeksi, maka cacing parasit ini akan tumbuh di dalamnya hingga usia matang. Nah pada saat ini lah, cacing dapat mengendalikan si belalang dengan menyuntikkan semacam protein.

Efek yang dihasilkan, si belalang bak seekor zombie yang tak bisa mengontrol dirinya dan dikendalikan si cacing untuk mencari air.

Kemudian ketika belalang sudah ke air, cacing tersebut keluar ke habitatnya yakni di air.

2. Jamur Ophiocordyceps

3 Parasit Paling Kejam yang Ada di Sekitar Kamu!
Semut yang terinfeksi jamur Ophiocordyceps. (David Hughes)

Jamur ini menjadi parasit yang biasanya menyerang serangga. Parasit ini menginfeksi serangga seperti semut kayu pada saat serangga tersebut sedang mencari makan dan menyentuh spora dari jamur.

Jamur ini benar-benar mengerikan, pasalnya semut yang terinfeksi akan menunjukkan perilaku aneh. Bak zombie yang tak dapat mengontrol diri, semut kayu akan di kontrol untuk berjalan naik ke atas tanaman dan berhenti di tempat tertentu seperti ujung tanaman.

Kemudian si semut akan berhenti, lalu menggigit bagian daun atau ranting dengan kuat dan mengunci rahang semut tersebut.

Dari situ lah semut mulai mati,  dan tunas jamur ini mulai tumbuh dari semut malang tersebut.

3. Jewel Wasp (Ampulex Compressa)

3 Parasit Paling Kejam yang Ada di Sekitar Kamu!
Jewel Wasp. (alittledozeofme)

Sekilas Jewel Wasp kaya serangga biasa dengan warna yang terbilang cukup menarik, tapi jangan tertipu dengan tampilannya. Karena serangga ini bisa jadi parasit yang benar-benar kejam buat inangnya yang merupakan seekor kecoa.

Tawon tersebut akan menyuntikan racun ke tubuh kecoa hingga lumpuh, kemudian membawa kecoa ke dalam tanah bersamaan degan telurnya yang sudah bersarang di dalam tubuh si kecoa. Seiring tumbuh, telur yang bersarang berubah menjadi larva dan mulai memakan kecoa tersebut.


Itulah beberapa parasit paling kejam, gimana pendapat kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US