The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Neraka Tartarus, Jurang Penyiksaan Orang-orang Jahat dalam Mitologi Yunani
Ilustrasi jurang neraka. (fandom.com)
Fakta Dan Mitos

Neraka Tartarus, Jurang Penyiksaan Orang-orang Jahat dalam Mitologi Yunani

Sabtu, 26 September 2020 14:00 WIB 26 September 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam mitologi Yunani Kuno, Tartarus adalah sebuah tempat di bawah tanah yang kelam yang digunakan sebagai lubang penderitaan bagi orang-orang jahat serta penjara bawah tanah bagi para Titan.

Tempat ini digambarkan seperti sebuah jurang neraka yang kejam untuk menghukum mereka yang melakukan kejahatan keji selama hidup. 

Raja para Titan, Kronos yang menjadi penguasa dunia mengurung para Kiklops (raksasa bermata satu) dan  Hekatonkhires (raksasa bertangan seratus) di dalam Tartaros.

Namun Zeus membebaskan tahanan Kronos untuk membantunya berperang melawan Titan. 

Setelah mendapatkan kemenangan, giliran Zeus yang mengurung para Titan ke dalam Tartaros dengan Hekatonkhires sebagai penjaga mereka. 

Ilustrasi jurang neraka.
Ilustrasi jurang neraka. (ancient-origins.net)

Seiring waktu, Tartarus juga menjadi tempat untuk mengurung para manusia yang sudah melakukan dosa atau kejahatan yang besar, baik kepada para dewa maupun kepada sesamanya.

Sementara dalam mitologi Romawi, Tartarus juga memiliki fungsi yang sama. Tempat ini digambarkan sebagai tempat yang sangat besar yang dikelilingi oleh sungai berapi dengan dinding tiga lapisan dan dijaga oleh makhluk mengerikan. 

Pada awalnya, Tartarus dibayangkan hanya sebagai lubang besar di bawah bumi. Namun kemudian imajinasi tempat ini berubah sebagai sejenis neraka, tempat hukuman bagi para pelaku kejahatan. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US