The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Mitos dan Tips Mengatasi Baterai Kembung yang #KAMUHARUSTAU
Ilustrasi baterai smartphone. (photo/Ilustrasi/Pexels/burak kostak)
Fakta Dan Mitos

Berikut Mitos dan Tips Mengatasi Baterai Kembung yang #KAMUHARUSTAU

Minggu, 24 Januari 2021 11:48 WIB 24 Januari 2021, 11:48 WIB

INDOZONE.ID - Handphone atau laptop yang dilengkapi dengan baterai yang sudah menggembung sangat tidak aman untuk dipakai. Kondisi dari baterai ini adalah kondisi rawan yang dapat membuat peralatan elektronik seperti handphone maupun laptop terbakar atapun meledak. 

Namun, terdapat beberapa asumsi yang beredar dalam masayarakat. Salah satunya adalah mengenai meletakkan baterai yang sudah menggembung ke dalam kulkas atau freezer. 

Hal ini dilakukan guna untuk menyelematkan baterai gembung. Namun ungkapan tersebut tidaklah benar, bahkan perusahaan smartphone ternama, seperti Apple dan Samsung tidak menyarankan untuk meletakkan baterai yang gembung ke dalam kulkas maupun freezer. 

Namun, jangan panik ketika baterai yang ada dalam smartphone anda mengalami gembung. Terdapat beberapa cara yang dapat menyelematkan baterai yang memiliki keadaan gembung: 

1. Jangan pernah mengisi daya pada baterai tersebut.

Jika keadaan baterai dalam smartphone sudah gembung, jangan pernah anda sesekali mengisi daya dari baterai tersebut. Kemudian, sebisa mungkin dengan segera melepaskannya dari smartphone dan membawa ke ruangan yang terbuka. 

2. Letakkan baterai pada tempat yang aman.

Selain melakukan langkah pertama, terdapat langkah kedua yaitu dengan cara meletakkan baterai ke tempat yang aman apalagi kondisi dari baterai tersebut sudah mengeluarkan bau dan asap. Jangan sesekali menghancurkan baterai tersebut ataupun meletakkan pada keadaan suhu yang tinggi. 

3.Segera membuang baterai ke tempat sampah elektronik. 

Ketika langkah-langkah dari atas tidak bisa menyelematkan baterai anda. Maka inilah merupakan langkah terakhir yaitu dengan membuang baterai tersebut ke dalam sampah elektronik. 
Dan jangan pernah sesekali membuang baterai tersebut ke dalam sampah biasa dikarenakan baterai adalah jenis limbah berbahaya yang dapat merusak lingkungan apabila tidak ditangani dengan cara yang tepat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US