The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tiongkok Pamerkan Penampakan Batuan Bulan dengan Berat Mencapai 1,7 Kilogram!
Tampilan penampakan batuan Bulan. (photo/Twitter/@AJ_FI)
Fakta Dan Mitos

Tiongkok Pamerkan Penampakan Batuan Bulan dengan Berat Mencapai 1,7 Kilogram!

Minggu, 28 Februari 2021 13:21 WIB 28 Februari 2021, 13:21 WIB

INDOZONE.ID - Tiongkok dilaporkan telah mengungkapkan penampakan pertama dari sampel Bulan melalui misi Chang'e 5 setelah pertemuan antara presiden Tiongkok dengan perwakilan tim misi. Kapsul Chang'e 5 sebelumnya kembali ke Bumi dengan membawa sampel batuan Bulan seberat 1,7 kg yang dikumpulkan dari Oceanus Procellarum pada 16 Desember. 

Sekarang, Tiongook telah meluncurkan gambar yang diperkirakan para ilmuwan akan menjadi sampel Bulan termuda sejauh ini. Sampel misi itu juga akan dipamerkan pada publik Maret nanti. Gambar-gambar dari penampakan batuan Bulan itu diluncurkan ketika Presiden Xi Jinping berkunjung kdan memberikan selamat kepada 5 ilmuwan dan insinyur misi Chang'e 5 di Great Hall of the People, Beijing. 

Gambar itu mengungkapkan bahwa sampel itu mengandung butiran gelap dan bahan halus serta kaca basaltik yang dihasilkan vulkanisme Bulan. Tiongkok sebelumnya mengatakan keterbukaannya untuk berbagi porsi sampel dengan ilmuwan di seluruh dunia. Pada Januari lalu, pihak Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok (CNSA) menerbitkan prosedur untuk meminta akses ke sampel. 

Selain itu, dalam pameran yang diadakan di Museum Nasional Tiongkok, publik juga akan mendapatakan kesempatan melihat beberapa bahan  yang tidak ternilai di dalam wadah yang terbuat dari kristal buatan, dan berbentuk seperti wadah anggur ritual perunggu. Mengutip Space.com, sampel itu disimpan di dalam ruang hampa di tengah kristal, yang melambangkan Bulan, sementara peta Tiongkok berada di bawahnya. 

Dalam kunjungan presiden, Xi mengatakan keberhasilan Chang'e 5 akan menandai akhir dari 3 langkah awal program eksplorasi Bulan Tiongkok, yang terdiri dari pengorbit, pendarat, dan pengambilan sampel Bulan. 

Pemimpin Tiongkok juga menekankan pentingnya memulai fase keempat dari program eksplorasi Bulan. Dimana, Tiongkok tengah merencanakan misi pengembalian sampel baru bernama Chang'e 6.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US