The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Baru Tahu, Kuda Perang Abad Pertengahan Sebenarnya Seukuran Kuda Poni Lho!
Kuda Poni. (Photo/The Guardian)
Fakta Dan Mitos

Baru Tahu, Kuda Perang Abad Pertengahan Sebenarnya Seukuran Kuda Poni Lho!

Jumat, 14 Januari 2022 23:13 WIB 14 Januari 2022, 23:13 WIB

INDOZONE.ID - Berkat film dan acara seperti Kingdom of Heaven dan Marco Polo, sebagian besar dari kita memiliki gagasan tertentu tentang seperti apa kuda perang abad pertengahan: besar, berotot, dan mampu menghancurkan kepala dengan kuku mereka.

Sebuah studi baru dari Inggris, bagaimanapun, mengatakan ada bukti yang mendukung gagasan kuda perang dari periode ini cukup kecil. Bahkan, sekecil kuda poni modern.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (14/1/2022), studi terbaru yang diterbitkan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh arkeolog di University of Exeter di International Journal of Osteoarchaeology menjelaskan tentang hal itu.

Studi tersebut mencatat bahwa "Budaya populer menyajikan persepsi yang mengakar tentang kuda perang abad pertengahan sebagai tunggangan besar dan kuat," tetapi persepsi itu "sangat diperdebatkan" di antara para ahli.

Untuk membantu menjernihkan perdebatan, para arkeolog melihat dataset zoo archaeological tulang kuda Inggris terbesar yang pernah ada; khususnya 1.964 tulang dari 171 situs arkeologi unik yang berasal dari abad ke-4 dan ke-17.

Dengan menggunakan kumpulan data ini, bersama dengan sampel kuda zaman modern, para arkeolog mempelajari tren dalam ukuran dan bentuk kuda abad pertengahan. Terutama dalam hal bagaimana struktur kerangka mereka berubah dari waktu ke waktu dalam kapasitas yang berbeda, termasuk peran mereka dalam peran domestik dan militer.

Kuda pony
Kuda Pony. (Photo/The Guardian)

Baca juga: Baru Tahu, Ternyata Kuda Bisa Dikawinkan dengan Zebra dan Keledai! Kok Bisa?

“Ternyata segala sesuatunya tidak seperti yang biasanya digambarkan,” kata Alan Outram, Profesor Arkeologi di University of Exeter dan rekan penulis studi tersebut.

“Dalam budaya populer, kuda perang sering (muncul) seukuran Kuda Shire. Sebenarnya tidak seperti itu,” tambahnya.

Outram melanjutkan juga mengatakan bahwa Kebanyakan kuda abad pertengahan ternyata sangat kecil dan relatif terhadap apa yang kita pikirkan. Menurutnya hanya ada "sangat sedikit" seperti yang digambarkan oleh film dan serial televisi.

Adapun ukuran sebenarnya dari banyak kuda perang abad pertengahan? Para arkeolog mengatakan mereka rata-rata hanya setinggi lima kaki dari tanah ke tulang belikat; tumbuh hanya beberapa inci pada periode pasca-abad pertengahan (1.500 M hingga 1.750 M). 

Sebagai referensi, kuda poni Shetland, seperti pada gambar di atas, rata-rata sekitar 3,5 kaki dari tanah ke tulang belikat. (Ponies of the Americas agak lebih sebanding dengan tinggi sekitar 4,5 kaki di tulang belikat mereka.)

Para arkeolog mencatat keterbatasan penelitian mereka yang membuat sulit untuk memastikan bahwa mereka sedang melihat kuda perang. Berbeda dengan mengatakan, kuda digunakan orang sebagai binatang beban untuk pertanian.

Tetapi melihat bagaimana sebagian besar sisa dari kumpulan data secara keseluruhan kecil, sepertinya kuda besar jarang terjadi. Yang berarti harapan kita tentang kuda perang dari abad pertengahan harus lebih membumi.

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US