The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Sosok Robin Hood Ada di Dunia Nyata atau Hanya Sekadar Tokoh Fiktif Belaka?
Sosok Robin Hood yang difilmkan dalam 'Robin Hood' (2018). (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Benarkah Sosok Robin Hood Ada di Dunia Nyata atau Hanya Sekadar Tokoh Fiktif Belaka?

Minggu, 16 Januari 2022 17:26 WIB 16 Januari 2022, 17:26 WIB

INDOZONE.ID - Kita sudah tidak asing lagi dengan pria bernama Robin Hood, sosok yang digambarkan sebagai pahlawan yang berani melawan pejabat yang korupsi untuk kepentingan rakyat.

Banyak yang menyebutkan bahwa Robin Hood hanyalah sekadar tokoh dalam legenda atau cerita rakyat Inggris. Namun tak sedikit juga yang mengklaim bahwa Robin Hood benar ada di dunia nyata, bahkan hidup di era pemerintahan raja Richard Lionheart.

Benarkah sosok Robin Hood ada di dunia nyata atau hanya sekadar tokoh fiktif belaka?

Dilansir berbagai informasi, dalam bukti tertua mengatakan bahwa nama Robin Hood pertama kali disebutkan dalam lirik sebuah lagu ballad, yang merupakan hiburan populer pada abad pertengahan.

Dalam lirik lagu ballad tersebut, diceritakan ada sosok yang kerap melanggar hukum, membuat keonaran dan kejahatan. Namun nama tersebut tidak pernah ada dalam catatan sejarah yang dibuat oleh kerajaan.

Selain itu, ada informasi lain yang menjelaskan bahwa Robin Hood merupakan bahasa slang untuk menyebut penjahat-penjahat yang tidak dikenal, misalnya pencuri, pembunuh, dan lain sebagainya. Biasanya, mereka akan diberi identitas sebagai Robin Hood.

Nama Robin Hood itu diberikan agar memudahkan untuk membuat laporan terkait tindak kriminal. Jika ada pelaku kejahatan yang tertangkap dan identitasnya belum bisa dipublikasikan, maka akan diberi nama Robin Hood.

Dari penjahat menjadi pahlawan

Seiring berkembangnya zaman dan perkembangan informasi, Robin Hood yang menurut catatan sejarah merupakan seorang penjahat beralih digambarkan menjadi sosok pahlawan.

Hal itu berawal dari cerita rakyat di mana saat Kerajaan Inggris membuat forest law atau hukum perhutanan yang mengatur bahwa seluruh hutan yang ada di Inggris milik kerajaan. Hukum tersebut dianggap merugikan masyarakat.

Sehingga muncul sosok Robin Hood yang melakukan perlawanan seperti melakukan perburuan, makan buah atau mengambil kayu bakar. Dia dianggap sebagai sosok yang berani melawan hukum kerajaan.

Perlawanan Robin Hood itu dianggap sangat bermakna di rakyat. Dari situ, muncul beragam versi dari Robin Hood yang berkembang luas di tengah masyarakat hingga saat ini.

Anggota kerajaan

Dalam catatan sejarah yang lainnya, ada yang menghubung-hubungkan Robin Hood dengan daftar nama anggota yang ikut dalam rombongan raja Richard Lionheart ke tanah suci.

Sebab dalam catatan sejarah itu, ada beberapa tokoh yang namanya memiliki kesamaan lafal atau tulisan dengan Robin Hood.

Selain itu, ada juga catatan lain yang menyebutkan bahwa Robin Hood berasal dari keluarga bangsawan yang melakukan penyamaran dalam setiap aksinya.

Jadi hingga saat ini, belum diketahui apakaha Robin Hood memang ada di dunia nyata atau hanya sekadar tokoh fiktif belaka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US