The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pintar dan Orang Jerman, Albert Einstein Tak Mau Bekerja untuk Adolf Hitler, Kenapa Ya?
Albert Einstein dan Adolf Hitler dalam konflik yang menegangkan. (History)
Fakta Dan Mitos

Pintar dan Orang Jerman, Albert Einstein Tak Mau Bekerja untuk Adolf Hitler, Kenapa Ya?

Alasan kemanusiaan

Kamis, 23 Juni 2022 15:00 WIB 23 Juni 2022, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Nama Albert Einstein menjadi nama ilmuwan yang sangat dikenal akan kecerdasannya dalam menemukan kerangka ilmiah dan teori dalam kehidupan.

Namanya pun semakin digaungkan menjadi ilmuwan terpintar di abad ke-20an dimana ia menjadi salah satu dongkrak dalam peradaban dunia hingga saat ini.

Baca Juga: Film Horor Paling Menyeramkan Menurut Ilmuwan Ternyata Garapan Sutradara Doctor Strange

Selain sebagai seorang ilmuwan terpintar, ternyata Einstein juga dikenal sebagai pembuat keputusan terbaik yang pernah ada. Pasalnya ia pernah memutuskan untuk meninggalkan tanah kelahirannya, Jerman lantaran tak ingin terlihat dalam rencana keji Nazi kala itu.

Dikutip dari History, alasan Albert Einstein meninggalkan Jerman adalah bahwa ia tahu jika Adofl Hitler, pemimpin Nazi akan memaksanya untuk membuatkan senjata pemusnahan massal yang akan memenangkan Nazi sebagai penguasa dunia.

Hitler tahu bahwa Einstein memiliki pengetahuan serta kemampuan untuk membuat senjata yang akan menempatkan Nazi pada keunggulan teknologi jika perang akan pecah.

Albert Einstein tak mau bekerja dengan Nazi
Einstein dengan jenakanya menjulurkan lidah, potret yang diambil Arthur Sasse pada 1951. (History)

Bukan karena tak sepadan dengan yang didapatkan, melainkan Einstein berpikir jika Hitler telah dibutakan kekuasaan hingga ingin memusnahkan manusia secara massal. Meski mendapat iming-iming dari Nazi akan kepuasan hidup, namuan Einstein memilih untuk berdiri di sisi kemanusiaan dunia kala itu.

Oleh karena itu, Hitler marah dan memasukkan Einstein sebagai orang-orang yang terdaftar dalam daftar hitam (assassination list) lantaran dianggap bekhianat pada negara sendiri.

Jika kita memandang dari sudut pandang umum, memang tidak ada keraguan bahwa Jerman secara keseluruhan adalah pemimpin dunia, setidaknya selama Perang Dunia II.

Namun, dunia juga tidak akan terlupa dengan little boy dan fat man, dua julukan bom atom yang menghancurkan Jepang di Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945.

Dua bom itu memang bukan semata-mata dibuat oleh tangan Einstein, melainkan berkat fisi nuklir yang dibuatnya. Namun, fisi nuklir Einstein adalah bagian penting yang hilang dari tangan ilmuwan Jerman.

Einstein meluncurkan penemuan itu dalam rangka untuk diimplementasikan ke dalam sistem roket V2 untuk membuat rudal atom balistik. Namun, tidak pernah terlintas di benaknya untuk menciptakan senjata pemusnah massal.

Dari perspektif yang berbeda, Einstein sebenarnya adalah seorang pasifis yang kemungkinan besar lebih baik mati daripada menghasilkan apa pun untuk Nazi, terutama senjata pemusnah massal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US