The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

#KAMUHARUSTAU: 3 Faktor yang Membuat Seseorang Nekat Bunuh Diri
Ilustrasi bunuh diri. (photo/Ilustrasi/Pexels/Guilman)
Fakta Dan Mitos

#KAMUHARUSTAU: 3 Faktor yang Membuat Seseorang Nekat Bunuh Diri

Kamis, 21 Januari 2021 16:53 WIB 21 Januari 2021, 16:53 WIB

INDOZONE.ID - Bunuh diri merupakan salah satu aksi yang dilakukan untuk mengakhiri hidup. Biasanya hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh faktor internal serta faktor eksternal. Lantas, faktor-faktor apa yang dapat mendorong seseorang melakukan aksi bunuh diri? Berikut beberapa faktor-faktor tersebut: 

1. Depresi

Sebagian besar kasus bunuh diri disebabkan oleh faktor depresi. Bahkan, lebih dari 90 persen orang yang bunuh diri disebabkan oleh faktor depresi seperti gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, bahkan diagnosis lainnya. 

Bahkan, para penelitian mengatakan bahwa orang-orang sukses non artis bahkan CEO sendiri memiliki resiko dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami depresi jika dibandingkan dengan masyarakat umum.

2. Pengaruh media massa

Selain depresi, faktor dari pengaruh media massa juga dapat membuat seseorang dapat melakukan aksi bunuh diri. Dimana, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan paparan komentar negatif dan berita hoax yang dapat memicu seseorang untuk melakukan bunuh diri. 

Selain paparan berupa komentar negatif, faktor lain yang disebabkan dikarenakan berita sosial media yang menganut berita berupa dukacita juga dapat memicu seseorang melakukan bunuh diri. 

3. Narkoba dan alkohol 

Faktor terakhir yang dapat menyebabkan seseorang melakukan aksi bunuh diri dikarenakan disebabkan oleh faktor miras atau alkohol. Dimana, faktor tersebut dapat disebabkan oleh faktor depresi. 

Dimana, hampir sepertiga orang yang lebih dulu memiliki depresi berat akan memiliki ketergantungan terhadap alkohol dan narkoba. Bahkan terdapat penelitian bahwa, remaja yang memiliki depresi berat bisa dua kali lebih rentan untuk meminum alkohol jika dibandingkan dengan remaja yang tidak memiliki depresi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US