The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 6 April: Olimpiade Modern Pertama Digelar Hingga Pembunuhan Keluarga Lillelid
Selebaran Olimpiade pertama di Athena. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 6 April: Olimpiade Modern Pertama Digelar Hingga Pembunuhan Keluarga Lillelid

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Selasa, 06 April 2021 11:08 WIB 06 April 2021, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 6 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa penyelenggaraan Olimpiade Modern pertama dan pembunuhan keluarga Lillelid di Tennessee. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Selasa (6/4/2021).

1. Galaksi NGC 4236 ditemukan oleh William Herschel (1793).

Galaksi NGC 4236
Galaksi NGC 4236. (Wikipedia).

NGC 4236 (juga dikenal sebagai Caldwell 3) adalah galaksi spiral berbatang yang terletak di rasi bintang Draco. NGC 4236 ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 6 April 1793. Ia adalah seorang astronom dan komponis kelahiran Jerman-Inggris yang terkenal karena menemukan planet Uranus. 

NGC 4236 adalah anggota dari Grup M81, sekelompok galaksi yang terletak pada jarak sekitar 11,7 Mly (3,6 Mpc) dari Bumi. Kelompok ini juga berisi galaksi spiral terkenal Messier 81 dan galaksi starburst terkenal Messier 82.

2. Penyelenggaraan Olimpiade modern pertama di Athena, Yunani (1896).

Selebaran Olimpiade pertama di Athena.
Selebaran Olimpiade pertama di Athena. (Wikipedia).

Olimpiade musim panas ke-1 adalah Olimpiade modern pertama, setelah Olimpiade Kuno dibatalkan oleh Kaisar Romawi Theodosius pada 393 M. Pada sebuah kongres pada tahun 1894 yang diselenggarakan oleh Pierre de Coubertin di Paris, Komite Olimpiade Internasional (IOC) didirikan, dan ibu kota Yunani Athena dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade modern pertama. 

Yunani tidak berpengalaman dalam menyelenggarakan even olahraga, dan awalnya juga mempunyai masalah keuangan, tetapi akhirnya berhasil mempersiapkan segalanya tepat waktu. Meski jumlah atlet terbilang kecil menurut ukuran saat ini, namun merupakan keikutsertaan internasional terbesar untuk ajang olahraga pada masanya. Olimpiade tersebut pun terbukti sukses di mata rakyat Yunani.

Baca Juga: Berbeda Tiap Tahun, Begini Cara Penentuan Tanggal Puasa dan Lebaran

3. Gandhi mengucapkan deklarasi lawan Britania Raya dalam aksi perlawanan Satyagraha (1930). 

Mahatma Gandhi. (Wikipedia).
Mahatma Gandhi. (Wikipedia).

Satyagraha adalah sebutan untuk gerakan perlawanan rakyat sipil untuk memprotes monopoli garam yang diberlakukan oleh pemerintahan Inggris di India. Gerakan Satyagraha dipimpin oleh Mahatma Gandhi dengan alasan bahwa garam merupakan kebutuhan vital bangsa India. Aturan monopoli garam yang ditetapkan Inggris berisi larangan untuk mengumpulkan atau menjual garam dan paksaan untuk membeli garam kepada Inggris dengan pajak yang tinggi.

12 Maret 1930, Gandhi dan 78 pengikutnya berpawai ke kota Dandi yang terletak di Pantai Laut Arab yang berjarak 241 mil. Setelah mereka sampai di Dandi, mereka memulai gerakan penyulingan garam dari laut. Pada 6 April 1930, Gandhi mengambil sejumlah lumpur dan garam lalu berkata, "Dengan ini, aku goyahkan Kerajaan Britania", dan memulai Satyagraha.

4. Peristiwa pembunuhan Keluarga Lillelid oleh 3 pasang anak muda di Greene County, Tennessee (1997).

Pelaku pembunuhan.
Pelaku pembunuhan. (Youtube).

Pembunuhan Lillelid mengacu pada kasus kriminal di Greene County, Tennessee, Amerika Serikat, di mana tiga anggota keluarga Lillelid dibunuh pada tanggal 6 April 1997. Vidar Lillelid (34), Delfina Lillelid (28), dan putri mereka Tabitha (6), dan putranya Peter (2) ditembak di jalan pedesaan yang sepi dekat Baileyton selama pembajakan mobil yang dilakukan oleh sekelompok pemuda. 

Vidar dan Delfina ditemukan tewas di tempat kejadian, sedangkan Tabitha meninggal setelah dibawa ke rumah sakit. Peter selamat, tetapi, sebagai akibat dari penembakan, ia menjadi cacat. Enam anak muda dari Kentucky, termasuk dua anak di bawah umur, dihukum karena kejahatan pembunuhan atas kematian Vidar, Delfina, dan Tabitha Lillelid, dengan enam pelaku menerima tiga hukuman seumur hidup, dan hukuman tambahan masing-masing 25 tahun untuk percobaan pembunuhan Peter Lillelid. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US