The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kerap Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ini Alasan Sebenarnya Anjing Suka Melolong
Anjing Melolong. (dokterhewan.id)
Fakta Dan Mitos

Kerap Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ini Alasan Sebenarnya Anjing Suka Melolong

Misterius.

Kamis, 14 Oktober 2021 16:39 WIB 14 Oktober 2021, 16:39 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang beranggapan jika anjing melolong pertanda ia melihat sosok makhluk gaib atau makhluk halus. Hal ini pun semakin dipercaya oleh orang banyak lantaran kerap digunakan dalam film-film horor yang menambah kesan mistis di dalamnya. 

Padahal, dalam dunia ilmiah terdapat alasan mengapa anjing melolong. Para ilmuwan mengungkapkan jika lolongan anjing menandakan jika ia sedang mengalami masalah kesehatan. 

Baca Juga: Tak Hanya Tingkatkan Mood, Ini Manfaat Lain Punya Hewan Peliharaan Bagi Anak

Dilansir The Spruce Pets, berikut beberapa alasan lain mengapa anjing melolong. 

1. Merasa sakit atau terluka

Sama seperti manusia yang mengalami kesakitan tentu merengek, lolongan anjing bisa berarti bentuk komunikasi anjing untuk memberi tahu bahwa tubuhnya sedang mengalami sakit atau terluka. 

Anjing yang mengalami cedera mendadak atau gangguan pencernaan, dapat mengisyaratkan rasa sakitnya dengan melolong. Jika anjing mengalami hal ini secara tiba-tiba, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter hewan. 

Selain mengalami sakit dan luka, beberapa anjing melolong karena mengalami alzheimer.  Alzheimer pada anjing membuatnya bingung dan lupa harus melakukan apa, keluar lewat jalan yang mana, dan sebagainya. 

2.  Merasa takut

Anjing juga bisa merasa takut akan sesuatu, hal ini mereka menunjukkan rasa takutnya dengan melolong.  Anjing liar misalnya, ketika merasa terancam dan takut dengan orang asing, maka ia akan melolong sekeras yang ia bisa. 

Bagi anjing yang merasa nyaman dan bahagia biasanya tidak akan melolong. Maka dari itu, lakukan penanganan yang tepat jika anjing sudah mulai melolong. 

3. Merasa khawatir

Anjing melolong juga dapat mengindikasikan rasa khawatir yang sedang terjadi pada dirinya.  Biasanya, anjing melolong ketika melihat pemiliknya pergi atau berpisah dengan teman favoritnya. 

Ketika anjing merasa khawatir, ia tidak hanya bisa melolong. Tapi juga bisa mencakar benda di sekelilingnya sambil mondar-mandir karena gelisah. 

4. Merespons suara lain

Alasan ilmiah lainnya anjing melolong adalah karena anjing mendengar dan merespons suara lain. Suara tersebut bisa berasal dari sirine atau suara keras lainnya yang membuat anjing menjadi responsif. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US