The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Berdirinya Bulu Roma Alias Merinding, Kerap Dikaitkan dengan Adanya Makhluk Halus
Ilustrasi merinding (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Fakta Berdirinya Bulu Roma Alias Merinding, Kerap Dikaitkan dengan Adanya Makhluk Halus

Selasa, 08 Februari 2022 15:47 WIB 08 Februari 2022, 15:47 WIB

INDOZONE.ID - Berdirinya bulu roma alias merinding pernah dialami oleh siapa saja. Biasanya, merinding terjadi ketika tubuh sedang kedinginan atau merasa ketakutan yang ekstrem. Bahkan tak jarang dikait-kaitkan dengan adanya makhluk halus di dekat kita.

Merinding ditandai dengan berdiri bulu roma atau rambut halus yang berada di lengan, kaki atau tengkuk, lalu terdapat sedikit tonjolan kulit yang mirip dengan kulit ayam yang ketika bulunya dicabut.

Seperti yang dilansir Healthline, merinding merupakan aktivitas fisik yang mengaktifkan sistem saraf simpatik alias insting. Hal ini terjadi ketika tubuh sedang merasa kedinginan, perasaan ketakutan dan emosional yang ekstrem, serta gairah seksual.

Nah, saat tubuh merasakan emosional yang ekstrem, ada dua cara bagaimana tubuh meresponsnya yaitu adanya peningkatan aktivitas listrik pada otot, tepatnya di bawah kulit dan peningkatan kedalaman pernapasan.

Respons peningkatan aktivitas listrik pada otot itu yang memicu tubuh untuk merinding.

Tanda ada makhluk halus?

fakta merinding
Ilustrasi makhluk halus (Pixabay)

Ketika tubuh mengalami merinding sering kali dikait-kaitkan dengan pertanda adanya makhluk halus di dekat kita. Hal itu tidak salah, namun tak sepenuhnya benar. Mengapa demikian?

Perasaan bahwa adanya makhluk halus yang berada di sekitar kita tak jarang merupakan hasil sugesti dari pikiran yang sedang mengalami ketakutan.

Ketika tubuh mengalami perasaan ketakutan yang cukup ekstrem, maka tubuh akan meresponsnya dengan mengaktifkan sistem sarah simpatik, dalam hal ini terjadinya peningkatan aktivitas listrik pada otot.

Oleh karena itu, pada saat ketakutan dan merasa bahwa ada makhluk halus berada di dekat kita, tubuh akan mengalami merinding.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli
Editor
Nanda
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US