The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Ada Perubahan, Nama Bangkok dari Dulu Memang Krung Thep Maha Nakhon, Ini Faktanya
Kota Bangkok, Thailand (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Tak Ada Perubahan, Nama Bangkok dari Dulu Memang Krung Thep Maha Nakhon, Ini Faktanya

Tetap pakai nama Bangkok ya!

Jumat, 18 Februari 2022 13:44 WIB 18 Februari 2022, 13:44 WIB

INDOZONE.ID - Publik di Tanah Air tengah dihebohkan oleh pemberitaan terkait perubahan nama ibu kota Thailand. Disebutkan bahwa nama kota Bangkok dirubah menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Faktanya, tidak ada perubahan terkait nama ibu kota Negeri Gajah Putih itu. Sedari dulu, nama ibu kota Kerajaan Thailand itu memang Krung Thep Maha Nakhon dan Bangkok sebagai nama lain yang digunakan untuk internasional.

Dilansir Washington Post, isu perubahan nama Bangkok itu mencuat berawal dari Royal Society Thailand, yang bertanggung jawab atas standar akademik dan linguistik mengajukan permohonan perubahan tanda baca pada nama ibu kota.

Royal Society meminta nama 'Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok' dirubah menjadi 'Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok)" untuk selanjutnya dipakai dalam administrasi resmi.

Berawal dari situ, muncul spekulasi yang menyebut bahwa nama ibu kota akan dirubah atau ditetapkan menjadi satu nama yaitu Krung Thep Maha Nakhon, nama yang biasa dipakai oleh penutur bahasa Thai untuk menyebut nama ibu kota. Padahal tidak permohonan untuk perubahan nama sama sekali.

Dari dulu memang Krung Thep Maha Nakhon

nama bangkok
Bangkok (Pixabay)

Nama Ibu kota Thailand, dalam bahasa Thai sedari dulu memang disebut Krung Thep Maha Nakhon, yang berarti 'Kota Besar Para Malaikat'.

Orang Thailand atau penutur bahasa Thai biasa menyingkatnya menjadi Krung Thep dalam percakapan sehari-sehari. Mereka tidak mengenal nama Bangkok, nama yang biasa disebut oleh orang-orang Asing.

Nama Krung Thep Maha Nakhon sendiri sebenarnya kependekan dari nama lengkapnya yaitu 'Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit'

Nama tersebut tercatat sebagai nama daerah terpanjang di dunia dan memecah rekor Guinness World of Records.

Tetap pakai nama Bangkok

Seiring berkembangnya spekulasi terkait perubahan nama ibu kota Thailand, Royal Society memberikan klarifikasinya dalam sebuah unggahan di Facebook.

Royal Society dalam pernyataannya menjelaskan bahwa tidak ada perubahan nama ibu kota, hanya saja perubahan pada tanda baca.

Selanjutnya, jika nama ibu kota ditulis dengan alfabet Romawi, bisa ditulis dengan Krung Thep Maha Nakhon atau Bangkok. Keduanya bisa digunakan oleh orang Thailand maupun masyarakat internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US