The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta dan Mitos Pohon Bambu, Benarkah Jadi Sarang Jin?
Fakta dan mitos pohon bambu. (Z Creators/Hasan Syamsuri)
Fakta Dan Mitos

Fakta dan Mitos Pohon Bambu, Benarkah Jadi Sarang Jin?

Rabu, 25 Januari 2023 10:11 WIB 25 Januari 2023, 10:11 WIB

INDOZONE.ID - Bambu merupakan tumbuhan dari subfamili Bambusoideae dan termasuk famili Poaceae. Bambu juga dikenal dengan nama Pring dalam bahasa Jawa, atau Awi, Tamiang, Haur, Suluh dalam bahasa Sunda, Ute dalam bahasa Ambon dan Tabatiko dalam bahasa Ternate. 

Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah 7 fakta dan mitos tentang pohon bambu. Simak di bawah ini ya!

1. Penghasil Oksigen Terbanyak di Bumi

Pohon bambu merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbanyak di bumi. Dibanding tanaman penghasil oksigen lainnya, bambu dapat melepaskan 30 persen lebih banyak oksigen ke atmosfer bumi. 

Berkat bambu pula, karbondioksida dapat terserap sehingga membantu mengurangi gas rumah kaca di atmosfer bumi.

2. Mampu Menyerap 90 Persen Air Hujan

Menurut Environment Bamboo Foundation, tanah yang banyak ditanami pohon bambu akan meningkat volume airnya karena bambu mampu menyerap 90 persen air hujan. 

Karena itu, bambu sering digunakan sebagai tanaman konservasi air dan tanah sebab akar bambu dapat membantu mencegah terjadinya banjir dan erosi.

3. Tanaman dengan Pertumbuhan Tercepat di Bumi

Beberapa jenis bambu disebut-sebut dapat tumbuh hanya dalam waktu 24 jam. Bahkan ada yang bisa tumbuh sekitar satu milimeter hanya dalam waktu 90 detik saja. 

Artinya, hanya dalam waktu 40 menit, bambu dapat tumbuh sepanjang 2,5 centimeter atau satu inchi. Hal ini dikarenakan sistem rimpang yang dimiliki bambu, sehingga dapat menumbuhkan tunas barunya ke atas.

4. Mampu Menghilangkan Bau Enggak Sedap

Dengan dijadikan sebagai arang, bambu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau yang enggak sedap. Arang bambu punya banyak pori sehingga mampu menyerap bakteri-bakteri yang menyebabkan bau.

5. Jadi Bahan Baku Industri Ramah Lingkungan

Sudah sejak dulu, bambu sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan aneka produk rumah tangga, furnitur dan lainnya karena produk dari bambu terbukti ramah lingkungan dan enggak menyebabkan alergi.

6. Bisa Berbunga

Jika sudah mencapai usia sekitar 65 tahun, pada pohon bambu akan muncul bunga atau berbunga. Uniknya, pada bambu dengan spesies yang sama, akan berbunga pada waktu yang bersamaan.

7. Jadi Sarang Jin

Sebagian masyarakat Indonesia masih percaya jika hutan bambu merupakan sarang atau tempat tinggal jin atau makhluk gaib. Di antara jenis bambu yang punya mitos mistis adalah bambu petuk dan bambu kuning. 

Zaman dahulu, anak-anak dilarang melangkahi bambu karena bisa diculik makhluk gaib. Masyarakat juga percaya, jika ada anak yang hilang, itu karena diculik makhluk gaib dan dibawa pulang ke rumahnya di hutan bambu.

Itulah beberapa fakta dan mitos tentang pohon bambu. Percaya atau tidak, kembali pada keyakinan kalian masing-masing ya!

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri
Community Writer
JOIN US
JOIN US