The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Punya Darah Biru, Kepiting Jenis Ini Banyak Diburu
Darah biru yang berasal dari kepiting ini punya banyak manfaat. (Ilustrasi/usahitman.com)
Fakta Dan Mitos

Punya Darah Biru, Kepiting Jenis Ini Banyak Diburu

Darahnya punya harga fantastis, lho!

Rabu, 15 Januari 2020 13:23 WIB 15 Januari 2020, 13:23 WIB

INDOZONE.ID - Kepiting Tapal Kuda atau Belangkas merupakan hewan laut yang banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan hingga Amerika Utara.

Bentuknya yang menyerupai sepatu kuda menyebabkan kepiting tersebut mendapat julukan Kepiting Tapal Kuda. Orang-orang Amerika menyebutnya dengan sebutan horseshoe crab.

Kepiting jenis ini dapat dinikmati daging dan telurnya dengan cara memasaknya menjadi olahan yang istimewa karena menggunakan rempah-rempah pilihan.

Masyarakat di Johor, Malaysia biasanya mengolah hewan ini menjadi masakan asam pedas ataupun sambal tumis. Hanya bagian tertentu dari hewan ini yang dapat disantap karena tubuh kepiting tapal kuda ini dapat mengeluarkan racun yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tapi tahukah kamu bahwa darah hewan ini berwarna biru serta banyak diburu untuk diambil ekstrak dari plasma darahnya? Warna biru pada darahnya dihasilkan dari senyawa yang mirip seperti hemoglobin pada manusia yang disebut hemosianin.

Bila atom besi pada hemoglobin adalah pusatnya, maka atom tembaga pada hemosianin adalah pusatnya. Hal itulah yang membuat darah kepiting tapal kuda berwarna biru. 

Negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat menggunakannya untuk pengujian endotoksin maupun untuk menguji penyakit meningitis. Ekstrak plasma darah kepiting tapal kuda ini juga digunakan untuk kajian lingkungan dan biomedis lainnya. Maka tak heran jika harga darah dari kepiting tapal kuda bisa mencapai ratusan juta per liternya. 

Nah, semoga informasi tadi dapat menambah pengetahuanmu tentang hewan laut yang mungkin tak pernah kamu jumpai sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US