The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

NASA Umumkan 2 Misi Baru untuk Jelajahi Planet Venus
Ilustrasi pesawat NASA. (photo/Ilustrasi/Pexels/Vinh Dang)
Fakta Dan Mitos

NASA Umumkan 2 Misi Baru untuk Jelajahi Planet Venus

Kamis, 03 Juni 2021 15:12 WIB 03 Juni 2021, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - NASA umumkan dua misi baru untuk ke Venus pada hari Rabu yang akan diluncurkan akhir dekade dan bertujuan untuk mempelajari bagaimana tetangga planet terdekat Bumi menjadi neraka, saat kita sendiri berkembang. Ini dikonfirmasi oleh Administrator Agensi yaitu Bill Nelson.

"Dua misi bersaudara ini sama-sama bertujuan untuk memahami bagaimana Venus menjadi dunia seperti neraka, yang mampu melelehkan timah di permukaan," ungkapnya.

"Mereka akan menawarkan seluruh komunitas sains kesempatan untuk menyelidiki planet yang belum pernah kita kunjungi selama lebih dari 30 tahun." jelasnya. 

Misi telah diberikan sekitar US$500 juta di bawah Program Penemuan NASA, dan masing-masing diharapkan diluncurkan pada jangka waktu 2028-2030. Kedua misi diambil dari proses kompetitif dan ditinjau oleh rekan sejawat, berdasarkan nilai ilmiah serta kelayakan rencana mereka. 

DAVINCI+, yang mempunyai singkatan dari Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble Gas, Chemistry, and Imaging mengumpulkan lebih banyak detail mengenai komposisi atmosfer terutama karbon dioksida Venus, untuk mempelajari bagaimana ia terbentuk dan berevolusi. Misi itu juga berusaha untuk menentukan apa planet itu  pernah mempunyai lautan. 

DAVINCI+ juga akan memancarkan kembali gambar resolusi tinggi pertama dari "tesserae" planet, fitur geologis yang kira-kira akan sebanding dengan benua Bumi yang keberadaannya menunjukkan Venus mempunyai lempeng tektonik. 

Misi lainnya disebut sebagai VERITAS, singkatan dari Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography, dan Spectroscopy, yang bertujuan untuk memetakan permukaan Venus dari orbit dan mempelajari sejarah geologi planet itu. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US