The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diresmikan RK dan Bonge, Konon Situ Ini "Dihuni" Sosok Perempuan Cantik Berkebaya
Situ Rawa Kalong (Vivi Sanusi/Z Creators)
Fakta Dan Mitos

Diresmikan RK dan Bonge, Konon Situ Ini "Dihuni" Sosok Perempuan Cantik Berkebaya

Rabu, 10 Agustus 2022 10:48 WIB 10 Agustus 2022, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan bagian dari proyek revitalisasi berbagai situ yang ada di Depok dan menelan dana hingga Rp21,6 miliar dari anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sejak diresmikan oleh Ridwan Kamil dan melibatkan Bonge SCBD, Jumat (5/8/2022) lalu, Situ Rawa Kalong langsung ramai diserbu warga.

Berada di daerah Curug Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Situ Rawa Kalong berdiri di lahan seluas 8,5 hektar dengan fasilitas lengkap. Seperti gedung aula, floating desk, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM dan alun-alun kecil apung di atas air.

situ rawa kalong
Berdiri di lahan 8,5 hektar dengan fasilitas lengkap (Vivi Sanusi/Z Creators)

Penampilan Situ yang konon dulunya dihuni banyak kalong atau kelelawar ini menjadi ruang publik yang menarik dan Instagenic. Pemandangan senjanya juga enggak kalah cantik.

situ rawa kalong
Floating desk, mirip area catwalk terapung (Vivi Sanusi/Z Creators)

Meski demikian, banyak keluhan dari pedagang yang merasa kurang nyaman dengan lokasi yang sekarang. Seperti yang dikatakan Eti, salah satu pedagang di Situ Rawa Kalong.

“Meski fasilitasnya belum jadi semua, inginnya dagang yang tempatnya enak. Dulu saya dagang di belakang. Sekarang sudah ditutup tembok,"ucap Eti.

Mitos Situ Rawa Kalong

Situ Rawa Kalong dulunya sangat kumuh karena menjadi tempat pembuangan sampah warga, pembuangan limbah industri dari pabrik yang berada di dekat situ dan menjadi keramba ikan yang tidak produktif.

situ rawa kalong
Situ Rawa Kalong menyimpan mitos wanita berkebaya (Vivi Sanusi/Z Creators)

Di balik viralnya Bonge yang catwalk bersama Ridwan Kamil di atas floating desk ternyata Situ Rawa Kalong menyimpan kejadian-kejadian supranatural yang bikin merinding. Konon situ ini dihuni oleh perempuan cantik yang berkebaya. Sosoknya seperti puteri kerajaan dan terkadang berubah menjadi wujud yang lain.

Penampakan lain juga sering terlihat warga seperti buaya putih dan noni-noni Belanda. Bahkan Situ ini konon merupakan kerajaan gaib yang megah dan luas.

situ rawa kalong
Jadi spot untuk menghabiskan akhir pekan (Vivi Sanusi/Z Creators)

Percaya enggak percaya, yang pasti situs ini menyimpan pesona wisata yang harus dijaga keasriannya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
JOIN US
JOIN US