The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seberapa Cepat Kemampuan Manusia Berlari?
Ilustrasi berlari. (Pixabay/skeeze)
Fakta Dan Mitos

Seberapa Cepat Kemampuan Manusia Berlari?

Rabu, 16 September 2020 16:00 WIB 16 September 2020, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Secara fisik kira-kira seberapa cepat manusia dapat berlari? Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai manusia mungkin tergantung pada seberapa cepat otot dalam tubuhnya dapat bergerak.

Salah satu pelari tercepat dalam sejarah Usain Bolt, pada Kejuaraan Dunia 2009 di Berlin, telah mencapai kecepatan 44,7 km/jam antara 60 dan 80 mil di lintasan 100 meter. 

Peter G. Weyand, seorang peneliti biomekanik dan ahli fisiologi di Southern Methodist University dan salah satu penulis studi tahun 2010, mengatakan bahwa kecepatan lari kita terbatas karena kita berada di udara untuk sebagian besar langkah kita.

Dan saat singkat dimana kaki menyentuh tanah kita harus mengerahkan banyak tenaga. 

Meski Bolt dianggap sebagai pelari tercepat namun itu belum ada apa-apanya dengan kecepatan hewan seperti kucing, harimau, macan dan lainnya. 

Kemampuan manusia berlari
Ilustrasi berlari. (Pixabay/12019)

Apa yang lebih baik dilakukan manusia daripada hewan adalah mempertahankan kecepatan konstan untuk jarak jauh.

Kecepatan maksimum kita cukup rendah, namun manusia dapat mempertahankan kecepatan itu selama beberapa waktu.

Manusia sepertinya tidak dibentuk untuk berlari super cepat namun diberi kemampuan berlari jarak jauh dengan ritme stabil selama berjam-jam. 

Menurut sebuah studi menunjukkan manusia mungkin hanya bisa berlari secepat 40 mph, kecepatan yang lebih tinggi dari Bolt namun lebih rendah dari hewan berkaki empat. 

Dengan banyak faktor lain yang dapat memengaruhinya seperti umur, nutrisi, tinggi badan atau panjang kaki, jenis kelamin dan usia. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US