The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Serangga Peniru Daun, Sang Ahli Penyamaran di Dunia Serangga
Serangga peniru daun (Phyllium bioculatum). (Flickr/Mejxu)
Fakta Dan Mitos

Serangga Peniru Daun, Sang Ahli Penyamaran di Dunia Serangga

Selasa, 01 Desember 2020 09:06 WIB 01 Desember 2020, 09:06 WIB

INDOZONE.ID - Serangga peniru daun (Phyllium bioculatum) merupakan serangga dari famili Phyllidaer yang berasal dari Asia terutama Malaysia bagian Barat. 

Ia telah menjadi salah satu spesies serangga yang paling populer yang telah banyak diimpor dan dibiakkan dalam berbagai kesempatan selama beberapa dekade. 

Sama seperti namanya serangga peniru daun memiliki tubuh, sayap dan kaki pipih dimana secara keseluruhan mereka terlihat mirip seperti daun tertentu yang mereka tinggali. 

Umumnya panjang serangga ini sekitar 5–10 cm (panjang 2-4). Mereka disebut serangga daun karena sayap depannya yang besar dan kasar memiliki urat yang terlihat mirip dengan urat pada jenis daun tertentu yang mereka tinggali. 

Serangga peniru daun
Serangga peniru daun. (wikipedia.org)

Serangga peniru daun diketahui akan berganti kulit 5–6 kali seumur hidup. Mereka adalah herbivora yang bergerak lambat dan mengandalkan kamuflase untuk pertahanan diri dari predator termasuk burung, amfibi, dan reptil.

Baca Juga: Prairie Dog, Hewan Imut Mirip Tupai Yang Suka Makan Teman

Serangga peniru daun (Phyllium bioculatum)
Serangga peniru daun. (researchgate.net)

Spesies betina dan jantan serangga peniru daun memiliki beberapa perbedaan. Misalnya tubuh betina yang lebih berat dan tidak bisa terbang sementara sayap belakang hanya terdapat pada serangga jantan untuk terbang. 

Selain itu betina hidup mulai dari 4 hingga 7 bulan dan jantan hidup sekitar 3 minggu hingga 1 bulan. 

Sebagai herbivora Phyllium bioculatum umumnya tinggal dan memakan mangga, jambu biji, rambutan, rak, raspberry dan blackberry.

Artikel Menarik Lainnya: 


TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US