6 Tokoh Cendekiawan dan Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia
Kiri: Ilmuwan Islam populer, Ibnu Khaldun (Wikipedia). Kanan: Cendekiawan Muslim berpengaruh, Abbas Ibn Firnas (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

6 Tokoh Cendekiawan dan Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia

Sabtu, 21 Maret 2020 14:53 WIB 21 Maret 2020, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Para cendekiawan Muslim telah memainkan peran yang signifikan sepanjang sejarah keilmuan di dunia.

Ada ratusan ilmuwan Islam yang terkenal dan populer dengan berbagai penemuannya terhadap peradaban dunia.

Beberapa di antaranya pun telah menginspirasi penemuan-penemuan lain, mulai dari di bidang kedokteran, bedah, matematika, sains, fisika, hingga astrologi.

Karena dedikasi para cendekiawan Muslim itulah, mereka pun tercatat dalam daftar tokoh paling berpengaruh di dunia sampai hari ini.

Siapa sajakah mereka?

Tokoh Cendekiawan Muslim Berpengaruh di Dunia

Dihimpun Indozone, berikut ini beberapa tokoh cendekiawan Muslim paling berpengaruh di dunia:

1. Ibnu Sina/Avicenna

Ibnu Sina cendekiawan Muslim berpengaruh dunia
Cendekiawan Muslim, Ibnu Sina (Wikipedia)

Ibnu Sina atau dikenal dengan "Avicenna" di dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter kelahiran Persia (sekarang Iran).

Ia juga seorang penulis. Sebagian besar karyanya memusatkan pada kajian filosofi dan kedokteran. Bagi banyak orang, Ibnu Sina adalah Bapak Kedokteran Modern.

Salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah al-Q?n?n f? a?-?ibb (Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran) yang menjadi referensi penting di bidang kedokteran Eropa selama berabad-abad. 

Kemampuan Ibnu Sina tidak hanya di bidang sains saja, tapi juga ilmu agama. Menurut berbagai sumber, ia sudah mampu menghafal Alquran pada usia 10 tahun.

2. Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi

Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi ilmuwan Islam paling berpengaruh di dunia
Cendekiawan Muslim populer, Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (Wikipedia)

Lahir di Uzbekistan tahun 780 Masehi, Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi merupakan cendekiawan Muslim yang ahli di bidang matematika.

Ia berjasa besar dalam penemuan konsep aljabar, algoritma, liner, notasi kuadrat, hingga sistem penomoran bilangan desimal di dunia Barat pada abad ke-12. 

Sehingga, Al-Khawarizmi disebut sebagai Bapak Aljabar. Selain itu, ia juga berperan penting dalam memperkenalkan angka Arab melalui karya Kit?b al-Jam’a wa-l-tafr?q bi-?is?b al-Hind.

3. Abu Musa Jabir bin Hayyan atau Geber

Ilmuwan Islam berpengaruh di dunia Abu Musa Jabir bin Hayyan
Ilmuwan Islam berpengaruh di dunia, Abu Musa Jabir bin Hayyan (Wikipedia)

Abu Musa Jabir bin Hayyan atau dikenal dengan nama Geber di dunia Barat. Ia adalah seorang polymath terkemuka, kimiawan, ahli astronomi, ahli fisika, insinyur, dan dokter.

Penemuan terbesar Geber yaitu teknik eksperimen sistematis dalam penelitian kimia dan hukum perbandingan tetap terhadap reaksi kimia.

Di antaranya, reaksi kimia penguapan, sublimasi, kristalisasi, dan distilasi. Semua reaksi kimia itu masih digunakan sampai sekarang.

4. Al Battani

Ilmuwan Muslim berpengaruh di dunia Al Battani
Ilmuwan Muslim berpengaruh di dunia, Al Battani (teknonce.com)

Al Battani adalah salah satu cendekiawan Muslim berpengaruh dunia, khususnya di bidang astronomi dan matematika.

Salah satu pencapaiannya yang terkenal adalah tentang penentuan hari dalam setahun yakni 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik, berdasarkan perhitungan waktu Bumi mengelilingi matahari.

Tingkat keakuratan atas perhitungan Al-Battani tersebut mencapai 99%, mampu menyamai kemampuan peralatan canggih.

Bahkan, seorang matematikawan asal Jerman bernama Christopher Clavius menggunakan perhitungan Al-Battani untuk memperbaiki kalender Julian.

Di bidang matematika, Al-Battani telah menemukan sejumlah persamaan trigonometri (sin, cos, tan). Ia juga berhasil memecahkan persamaan sin x = a cos x.

5. Ibnu Khaldun

Ilmuwan Islam populer di dunia Ibnu Khaldun
Ilmuwan Islam populer di dunia, Ibnu Khaldun (Wikipedia)

Ibnu Khaldun ialah ilmuwan Islam populer di dunia yang berasal dari Tunisia. Ia dikenal sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, dan ekonomi.

Adapun karya Ibnu Khaldun paling terkenal yaitu Muqaddimah. Terlebih, ia sudah hafal Alquran sejak usia dini.

Pemikiran-pemikiran Ibnu Khaldun tentang teori ekonomi yang logis dan realistis sudah ada lebih dulu, sebelum Adam Smith dan David Ricardo mengemukakan teori-teori ekonominya.

Ketika usia remaja, tulisan-tulisan Ibnu Khaldun dengan studi dan pengamatan yang sangat mendalam, sudah menyebar ke mana-mana.

6. Abbas Ibn Firnas

Cendekiawan Muslim paling berpengaruh di dunia Abbas Ibn Firnas
Cendekiawan Muslim paling berpengaruh di dunia, Abbas Ibn Firnas (Wikipedia)

Abbas Ibn Firnas, seorang ilmuwan Muslim yang sangat cerdas. Ia merupakan fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia, dan penyair berbahasa Arab.

Spesialisasi yang Abbas Ibn Firnas tekuni adalah ilmu mekanik. Berikut adalah beberapa penemuan Abbas Ibn Firnas:

  • "Al-Miqatah" suatu alat yang berfungsi untuk menentukan waktu yang dioperasikan dengan tenaga air.
  • Maket kubah langit.
  • Kapal terbang dengan dua sayap yang dapat bergerak, terbukti dari keberhasilan Abbas bin Firnas menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.
     

Khusus penemuan konsep pesawat terbang tersebut, ternyata Abbas Ibn Firnas mendapat inspirasi setelah membaca Surat Al-Mulk ayat 19.

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya dia Maha Melihat segala sesuatu." (Q.S Al Mulk ayat 19)

Sebagai bentuk penghormatan kepada Abbas Ibn Firnas, Bandar Udara di Baghdad dan jembatan di sepanjang sungai Guadalquivir Cordoba diberi nama Ibnu Firnas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US