The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lalat Bermata Batang, Penampilan Serangga yang Mirip Alien di Alam Liar
Lalat bermata batang. (Flickr/Philip Herbst)
Fakta Dan Mitos

Lalat Bermata Batang, Penampilan Serangga yang Mirip Alien di Alam Liar

Sabtu, 17 Oktober 2020 09:00 WIB 17 Oktober 2020, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Lalat bermata batang (Stalk-eyed flies) adalah serangga dengan bentuk mata seperti alien di dalam dunia fiksi, namun ini adalah karya alami yang benar-benar unik. 

Penampilannya yang aneh dan kebiasaan bertahan hidup yang unik cukup membuat makhluk ini tercatat sebagai salah satu serangga teraneh di dunia.

Serangga dari keluarga Diopsidae ini dapat ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara, Afrika dan beberapa di Eropa dan Amerika Utara.

Nama mereka pun diambil didasarkan pada bagian panjang yang menonjol dari sisi kepala dengan mata dan antena halus di ujungnya. 

Lalat bermata batang (Stalk-eyed flies).
Lalat bermata batang (Stalk-eyed flies). (cell.com)

Pejantan memiliki tangkai mata yang lebih panjang daripada betina, dan ahli biologi telah menetapkan bahwa betina lebih menyukai "mata" yang bertangkai panjang.

Sebab itu selama musim kawin, pejantan sering berdiri berhadapan dan mengukur panjang mata mereka. Mereka dengan "rentang mata" terjauh akan dinyatakan sebagai pemenang.

Pada musim kawin, lalat jantan ini juga memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbesar tangkai mata mereka. Hal itu dilakukan dengan cara menelan udara melalui mulut mereka dan meniupkannya melalui saluran ke ujung mata. 

Mata lalat bermata batang Stalk-eyed flies
Mata lalat bermata batang. (passion-entomologie.fr/Flickr/Bui Trong Hieu)

Memiliki sepasang mata dengan tangkai memanjang juga memberikan keuntungan pada lalat eksotis ini. 

Mata ganda ini terdiri dari 2.500 mata kecil (penginderaan visual) yang bermanfaat untuk mencari makan sekaligus mengamati musuh yang ada di sekitar mereka. 

Sejauh ini, para ilmuwan telah menemukan dan mengenal lebih dari 100 spesies Diopsidae yang mana kebanyakan dari mereka memiliki mata unik dan sama sekali berbeda dari mata serangga pada umumnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US