The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bagaimana Starbucks Muncul sebagai Merek Kopi Terkuat di Dunia?
Pendiri Starbucks Zev Siegl, Jerry Baldwin dan Gordon Bowker, Seattle, Februari 1979. (historylink.org)
Fakta Dan Mitos

Bagaimana Starbucks Muncul sebagai Merek Kopi Terkuat di Dunia?

Sabtu, 12 September 2020 12:00 WIB 12 September 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Starbucks yang berbasis di Seattle,  Washington merupakan perusahaan multi-nasional yang menjual minuman kopi, biji kopi, makanan, dan minuman di toko ritelnya serta grosir ke outlet lain.

Tapi bagaimana sesuatu yang sederhana seperti secangkir kopi dapat berubah menjadi sebuah merek terkenal secara internasional?

Tiga pendiri Starbucks adalah Jerry Baldwin (lahir 1942), Gordon Bowker (lahir 1942), dan Zev Siegl (lahir 1942) telah membantu mengubah persepsi publik tentang apa itu secangkir kopi. 

Mereka mulai dengan menjual biji kopi yang disangrai oleh Peet's, sebuah perusahaan kopi gourmet di Berkeley, California, kemudian mulai memanggangnya sendiri.

Pada tanggal 30 Maret 1971 mereka membuka toko Starbucks di sebuah etalase sewaan di Seattle dengan sedikit pengalaman bisnis dan hampir tidak punya uang tunai. 

Selama satu dekade, beberapa toko Starbucks hanya menjual biji kopi dan bukan minuman kopi, tetapi biji kopi gourmet itu populer dan menguntungkan.

Starbucks pertama yang menjual kopi seduh dibuka pada tahun 1982. Howard Schultz (lahir 1953) dipekerjakan akhir tahun itu, dan atas desakannya Starbucks membuka bar espresso pertamanya pada tahun 1984.

Dia menjadi direktur pemasaran mereka dan disinilah segalanya menjadi menarik. Schultz melakukan perjalanan ke Italia untuk mencari biji kopi eksotis. 

Dia memperhatikan bahwa hampir setiap jalan memiliki kedai kopi hingga ia memiliki ide untuk memiliki bisnis coffe bar. 

Setelah berulang kali mengajukan niatnya, akhirnya sang pemilik mengijinkan Schultz untuk membuka sebuah coffee bar di salah satu toko baru yang dibuka di Seattle.

Pada tahun 1987, pemilik aslinya menjual jaringan Starbucks pada Howard Schultz dan mulai memperluas perusahaan kopi tersebut. 

Howard Schultz.
Howard Schultz. (wikipedia/Gage Skidmore)

Pada tahun yang sama, Starbucks membuka lokasi pertamanya di luar Seattle di Stasiun Waterfront di Vancouver , British Columbia , dan Chicago, Illinois.

Pada tahun 1989, 46 toko Starbucks telah ada di Northwest dan Midwest , dan perusahaan tersebut memanggang lebih dari 2.000.000 pon (907.185 kg) kopi setiap tahunnya. 

Kini Starbucks adalah coffee house terbesar di dunia. Schultz membangun reputasi sebagai pemimpin perusahaan yang progresif. 

Meski pada 2016, Schultz mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO untuk fokus pada bisnis Roastery kelas atas perusahaan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US