The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengapa Astronot Mengenakan Pakaian Berwarna Putih Saat ke Luar Angkasa?
Ilustrasi pakaian putih astronot. (Pexels/Tom Leishman)
Fakta Dan Mitos

Mengapa Astronot Mengenakan Pakaian Berwarna Putih Saat ke Luar Angkasa?

Minggu, 29 November 2020 09:55 WIB 29 November 2020, 09:55 WIB

INDOZONE.ID - Semua astronot yang berada di luar angkasa ISS memiliki satu kesamaan, yaitu pakaian astronot mereka yang berwarna putih. 

Bukan hanya orang Amerika, tapi sekarang badan kedirgantaraan negara lain seperti Rusia dan China juga menggunakan warna yang sama. Semuanya menggunakan putih meski dihiasi dengan beberapa detail dekoratif.

Tapi kenapa astronot menggunakan pakaian berwarna putih? 

Di Bumi, kita memiliki atmosfer sebagai perisai, dengan kemampuan memblokir 77% radiasi yang datang dari Matahari. 

Namun di luar atmosfer, perisai ini tidak lagi tersedia, artinya astronot menghadapi masalah langsung seperti sengatan matahari, lepuh, bahkan kanker di tingkat sel.

Mengapa pakaian astronot berwarna putih
Astronot dengan pakaian putih. (Pexels/Pixabay)

Untuk mengatasi masalah ini, pakaian astronot didesain dengan warna putih untuk memantulkan radiasi dari Matahari.

Menurut pakar dari National Aeronautics and Space Museum (AS), Cathleen Lewis putih adalah warna yang sempurna untuk melindungi keselamatan astronot. 

Ini serupa dengan saat Anda mengecat dinding berwarna putih, ruangan akan lebih sejuk dibandingkan mengecat warna gelap. Karena warna terang lebih sedikit menyerap panas.

Tapi baju astronot tidak hanya putih. Saat kembali dari luar angkasa, mereka harus berganti ke pakaian serupa tetapi dengan warna berbeda yaitu warna oranye cerah.

Ini karena warna oranye cerah akan menonjol dengan latar belakang biru lautan dan langit, yang sangat bagus untuk menarik perhatian.

Jadi, jika terjadi kesalahan yang memaksa astronot meninggalkan pesawat mereka, mereka akan lebih mudah diselamatkan.

Namun, waktu juga membuat banyak hal berubah. Sains kini memiliki banyak solusi lain untuk menentukan lokasi astronot yang membutuhkan penyelamatan, seperti GPS.

Sehingga NASA dan badan kedirgantaraan lainnya dapat memberikan warna kreatif untuk pakaian astronot yang akan dikenakan saat kembali.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US