The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cerdas Banget, Ini 5 Orang Detektif yang Jadi 'Sherlock Holmes' di Dunia Nyata
Eugene Francois Vidocq dan Sir Arthur Conan Doyle (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Cerdas Banget, Ini 5 Orang Detektif yang Jadi 'Sherlock Holmes' di Dunia Nyata

Kamis, 14 Oktober 2021 14:58 WIB 14 Oktober 2021, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Siapa yang tidak kenal Sherlock Holmes, Hercule Poirot, atau Detektif Conan? Mereka ada tokoh-tokoh fiksi yang memiliki banyak penggemar karena memiliki kemampuan otak luar biasa untuk memecahkan kasus kriminal.

Namun, di dunia nyata juga ada loh segelintir orang yang dianugerahi kemampuan deduksi mencengangkan, dan membantu mengungkap sejumlah kasus kriminal

Dihimpun INDOZONE dari berbagai sumber, inilah 5 detektif terkenal di dunia nyata.

1. Eugene Francois Vidocq

Eugene adalah mantan penjahat yang kemudian dikenal sebagai Bapak Ilmu Kriminologi Modern. Eugene menjadi pelopor dalam penyamaran, balistik, dan sistem pencatatan kasus kriminal.

Dia juga yang memperkenalkan tinta pengidentifikasi pola sidik jari. Agar diampuni dari kejahatan masa lalunya, Eugene bekerjasama dengan kepolisian Prancis sebagai informan dan agen rahasia.

Ingatan fotografis yang juga jaringannya yang luas di dunia kriminal membuatnya mampu memecahkan kasus-kasus yang bikin pusing kepolisian. Dia akhirnya mendirikan  Surete Nationale, biro investigasi pertama di Prancis, dan mengajak mantan kriminal untuk bergabung.

2. Sir Arthur Conan Doyle

Kamu mungkin mengenal Sir Arthur Conan Doyle sebagai pencipta Sherlock Holmes. Namun, dia juga sebenarnya sering membantu polisi memecahkan kasus kriminal.

Misalnya, kasus hilangnya tunangan seorang wanita di tahun 1909. Lalu, mengungkap pencurian permata milik  Henry Paget, Marquess of Anglesey. Lalu, membuktikan seseorang bernama George Edalji tidak bersalah atas tuduhan yang diarahkan kepadanya. Doyle sampai menghabiskan 9 bulan untuk mengerjakan kasus terakhir ini.

3. Edward Oscar Heinrich

Pria ini dijuluki sebagai Sherlock Holmes dari Amerika. Edward merupakan seorang ahli kimia yang kerap menggunakan sains untuk memecahkan kasus kejahatan.

Edward berprofesi sebagai dosen ilmu investigasi kriminal di UC Berkeley dan kerap membantu polisi memecahkan kasus pelik. Salah satu kasus yang membuat namanya tenar adalah menangkap pelaku perampokan kereta terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Dia berhasil mengidentifikasi pelaku perampokan itu hanya dengan menganalisis sepasang celana, senjata yang terpotong gagangnya, dan sobekan kertas.

4. Joe Kenda

Joseph Patrick Kenda adalah pensiunan detektif kepolisian berprestasi. Kasus pembunuhan yang pernah ditanganinya di Colorado Springs, kemudian dijadikan serial Homicide Hunter.

Sepanjang bertugas selama 19 tahun di CSPD, Kenda memecahkan 356 dari 387 kasus pembunuhan berkat ingatan dan intuisinya yang tajam.

Pensiunnya Kenda dari dunia kepolisian sempat membuatnya depresi dan menjadi sopir bus. Untunglah, ada stasiun televisi yang kemudian mengajaknya bekerja sama membuat serial dokumenter kriminal.

5. Alice Clement

Di tengah perjuangan wanita zaman dulu demi kesetaraan hak, Alice Clement muncul dengan membongkar banyak kasus kejahatan.

Alice Clement menjadi bagian Chicago Police Department sejak tahun 1909. Salah satu kasus yang mengangkat namanya adalah kasus The Dulcimer, yang kemudian menjadi inspirasi novel detektif karya Agatha Christie.

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US