The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Unik Kucing Munchkin yang Menggemaskan, Disebut Kucing Cebol karena Berkaki Pendek
Kucing munchkin. (Pinterest)
Fakta Dan Mitos

Fakta Unik Kucing Munchkin yang Menggemaskan, Disebut Kucing Cebol karena Berkaki Pendek

Kaki pendek karena kelainan genetik.

Sabtu, 14 Mei 2022 12:00 WIB 14 Mei 2022, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki tubuh gemuk dan menggemaskan, kucing munchkin mungkin bisa menjadi pilihan bila kamu berencana memelihara kucing. Kucing munchkin berbeda dengan kucing pada umumnya karena berkaki pendek.

Meski berkaki pendek, namun kucing munchkin memiliki tubuh yang gemuk dan berbulu lebat seperti kucing kebanyakan. Adapun penyebab kucing munchkin memiliki kaki pendek yaitu karena kelainan genetik.

Karena kondisi tubuhnya tersebut, tak jarang kucing munchkin disebut sebagai kucing cebol atau kucing kerdil.

Lucu dan menggemaskan, berikut fakta-fakta menarik kucing munchkin

fakta menarik kucing munchkin
Kucing munchkin. (Nationwide Pet Insurance)

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa fakta unik kucing munchkin yang jarang diketahui para pecinta kucing. Apa saja?

1. Ras kucing terkecil di dunia

Karena kakinya yantg pendek, kucing munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Tingginya hanya 13,34 cm. Kucing ini sudah ada sejak abad ke-20, namun baru diakui secara resmi pada awal tahun 1990-an.

Meski demikian, beberapa komunitas pecinta kucing masih ada yang belum mengakui ras kucing munchkin.

Hal tersebut karena pengembang biakkannya dianggap kurang etis. Mereka masih tidak mengakuai kucing munchkin sebagai ras baru.

Baca juga: 65 Ekor Kucing Ini Diperalat untuk Mencuri Perhiasan Tetangga, Begini Sosok Sang Majikan

2. Penyebutan munchkin berasal dari novel

Memiliki nama yang imut sesuai bentuk tubuhnya, nama kucing munchkin ternyata diambil dari novel The Wonderful Wizard of Oz karyaL. Frank Baum yang diterbitkan pada 1900 silam.

Nama pertama kucing munchkin sendiri adalah blackberry. Kucing dengan bentuk unik ini pertama kali ditemukan oleh seorang guru musik di Amerika Serikat yang bernama Hochenedel pada tahun 1983.

Hochenedel kala itu menemukan kucing hamil dan ketika melahirkan, kucing tersebut melahirkan anak-anak berkaki pendek.

3. Bisa hidup 12 sampai 15 tahun

Meski fisiknya unik dan berbeda dengan kucing kebanyakan, kucing munchkin disebut bisa hidup selama 12 sampai 15 tahun. Namun, ia bisa berumur panjang bila dirawat dengan benar.

Kucing munchkin sendiri dikenal susah merawat dirinya sendiri karena memiliki bulu yang panjang. Oleh karena itu, pemiliknya harus rajin memperhatikan kucing peliharaannya tersebut.

4. Tidak bisa dikawinkan dengan sesama munchkin

Kelainan gen memmbuat kucing munchkin tidak bisa dikawinkan dengan sesamanya supaya embrio tidak mati bahkan berisiko menjadi cacat.

Kucing munchkin lebih baik dikawinkan dengan kucing lokal atau kucing kampung. Kucing munchkin hanya dikembang biakkan dengan kucing lain tanpa gen munchkin.

Artikel Menarika Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US