The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Para Arkeolog Berhasil Temukan Barang Kuno Era Romawi di Bawah Laguna Venesia
tampilan jalan era Romawi Kuno (kiri) dan Laguna Venesia (kanan).
Fakta Dan Mitos

Para Arkeolog Berhasil Temukan Barang Kuno Era Romawi di Bawah Laguna Venesia

Jumat, 23 Juli 2021 15:35 WIB 23 Juli 2021, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Pada dasar Treporti Channel, beberapa meter di bawah ombak Laguna Venesia, serangkaian bangunan kuno yang mengejutkan baru saja ditemukan. Disejajarkan untuk jarak sekitar 1.200 meter, mereka menyarankan bahwa pada suatu waktu, sebelum permukaan laut naik dan membanjiri daerahitu, terdapat jalan dari era Romawi yang membentang di area itu secara lanskap. 

Menurut para arkeolog, ini merupakan bukti bahwa pemukiman Romawi yang signifikan telah ada berabad-abad sebelum adanya pendirian dan pemukiman Venesia pada abad kelima Masehi. Melihat hal itu, tim arkeolog memberikan komentarnya. 

"Studi multidisiplin ini mendokumentasikan keberadaan segmen jalan Romawi yang terendam sepanjang sekitar 1.200 meter di punggung pantai kuno yang sekarang terendam di Laguna Venesia Utara," ungkap tim arkeolog yang dipimpin oleh Fantina Madricardo dari Dewan Riset Nasional Italia jelaskan sebuah studi baru tentang penemuan itu.

"Jalan yang terendam mungkin mewakili salah satu segmen rute terakhir di lanskap maritim Altinum, dalam jaringan jalan yang lebih luas di Venetia et Histria Regio," tulis para peneliti.

"Kedekatannya dengan struktur dan infrastruktur lain, seperti ... menara pertahanan, tanggul-jalan setapak, pelabuhan, dan struktur pribadi, menegaskan pemukiman permanen kapiler di Venetorum angulus ." lanjut mereka. 

Bangsa Romawi kuno melakukan banyak hal dengan sangat baik. Di antara hal-hal itu, salah satu yang paling terkenal adalah jalan mereka. Ke mana pun orang Romawi bergerak, di sana juga kamu akan menemukan bentangan panjang trotoar dan jalan korduroi, untuk memfasilitas ekspansi dan mobilitas dengan lebih baik. 

Beberapa arkeolog percaya bahwa artefak itu berasal dari kota di Romawi kuno yang menghadap ke laguna, tetapi terdapat juga petunjuk bahwa daerah itu telah ditempati lebih luas. Sebuah survei yang dilakukan pada 1985 telah menemukan struktur yang menunjukkan bukti adanya bentangan jalan di dasar Treporti Channel. 

Dengan studi lebih lanjut pada 2020, mereka dokumentasikan serangkaian 12 struktur relief sejajar dengan saluran utama dalam arah barat daya ke timur laut, untuk jarak sekitar 1.140 meter. Yang terpanjang dari struktur ini adalah sekitar 52,7 meter. Satu set kedua dari empat struktur berkisar antara 14,5 dan 134, 8 meter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US