The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenang Sejarah Hari Guru Nasional hingga Makna Logo Hari Guru Nasional 2021
Logo Hari Guru Nasional 2021. (Kemendikburistek)
Fakta Dan Mitos

Mengenang Sejarah Hari Guru Nasional hingga Makna Logo Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 09:15 WIB 25 November 2021, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua Baktimu akan kuukir di dalam sanubariku
Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu

Dalam memperingati Hari Guru Nasional biasanya di setiap sekolah akan terdengar heningan lagu "Hymne Guru" yang tentunya tak asing ditelinga para siswa dari tingkat TK hingga SMA.

Peringatan Hari Guru Nasional secara resmi ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1994 melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Pemilihan Hari Guru Nasional yang bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ini dipandang sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

Baca Juga: Peringati Hari Guru, Berikut 6 Ide Kegiatan di Hari Guru Nasional 2021 yang Bermanfaat

Menjelang peringatan Hari Guru pertama kali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu, Wardiman Djojonegoro, menyebut segala prestasi dalam pendidikan tak lepas dari seorang guru.

Oleh karena itulah Sartono, pencipta lagu Hymne Guru menyelipkan bait "pelita dalam kegelapan" yang menggambarkan peran guru untuk penerang dan pembawa generasi bangsa ke masa depan yang cerah.

Tahun ini, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis logo dari peringatan Hari Guru Nasional 2021. Logo peringatan HGN 2021 memuat simbol berbentuk hati, dengan ilustrasi berwarna-warni.

Tahun ini, Hari Guru Nasional 2021 bertemakan "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". Tema ini bermakna bahwa setahun sudah pendidikan di Indonesia yang sempat tertidur pulas lantaran adanya pandemi.

Dengan adanya kebijakan pembelajaran tatap muka kembali, hal ini diharapkan mampu memulihkan pendidikan Indonesia seperti semula sebelum datangnya pandemi COVID-19.

 
TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US