The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyelam di Israel Berhasil Menemukan Pedang Berusia 900 Tahun
Penampilan penyelam menemukan pedang saat menyelam. (photo/Dok. Israel Antiquities Authority)
Fakta Dan Mitos

Penyelam di Israel Berhasil Menemukan Pedang Berusia 900 Tahun

Kamis, 21 Oktober 2021 10:35 WIB 21 Oktober 2021, 10:35 WIB

INDOZONE.ID - Salah seorang penyelam di Israel, Shlomi Katzin berhasil menemukan sebuah pedang tentara salib yang berasal dari 900 tahun lalu. Penemuan ini ditemukannya ketika menyelam di bawah laut pada lepas pantai HaCarmal di Haifa. 

Ketika mengidentifikasi jangkar batu dan logam di dasar laut, Katzin pun berhasil menemukan pedang besi sepanjang 1 meter dengan gagang berukuran 30 cm. Katzin pun mengambil pedang itu dan melaporkan penemuan itu kepada Unit Pencegahan Perampokan Distrik Utara Otoritas Barang Antik Israel (Israel Antiquities Authority). Melihat hal itu, Inspektur Otoritas Barang Antik Israel yaitu Nir Distelfeld memberikan komentarnya. 

"Pedang besi itu telah terawetkan dalam kondisi sempurna dan merupakan penemuan yang indah dan langka," ungkapnya, melansir Heritage Daily. 

"Itu jelas milik seorang ksatria Tentara Salib. Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda 900 tahun yang lalu ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang," jelasnya. 

Berat dari pedang itu mencapai 4 pon atau 1,8 kilogram. Menurut para ahli, melansir dari The New York Times, pedang itu berasal dari Perang Salib Ketiga. Selama perang itu, Raja Philip Augustus dari Prancis, Raja Richard I dan kaisar suci Romawi, Frederick berangkat untuk merebut kembali Yerusalem.

Di mana, Salahuddin Al-Ayyubi yang merupakan penguasa wilayah, meliputi Mesir Modern, Suriah dan Irak dilaporkan telah menaklukkannya pada tahun 1187. 

Penemuan itu juga disambut oleh pemerintah Israel. Di mana, mereka mengaku sangat bangga dengan sejarah negara mereka dan memiliki undang-undang yang mengharuskan setiap artefak yang ditemukan untuk dikembalikan ke negara itu. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US