Selain Ikan Penis, Ini Hewan yang Bentuknya Mirip Alat Kelamin Pria
instagram/@baynaturemagazine/@falandodeciencia
Fakta Dan Mitos

Selain Ikan Penis, Ini Hewan yang Bentuknya Mirip Alat Kelamin Pria

Rabu, 18 Desember 2019 14:25 WIB 18 Desember 2019, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu belakangan ini tengah viral di media sosial spesies yang mirip dengan alat kelamin pria, yang diberi nama "ikan penis". Hewan ini sebenarnya spesies cacing.

Dalam potret yang beredar di media sosial, cacing ini tengah terdampar di Pantai Drake, San Frasisco, California, Amerika Serikat, karena terkena badai. Di California sendiri cacing berbentuk penis bukanlah spesies yang asing.

Sementara itu, di Korea Selatan spesies cacing ini diyakini dapat meningkatkan gairah seksual. Namun, nyatanya tak hanya "ikan penis' saja yang memiliki bentuk seperti alat kelamin pria. Ada banyak jenis hewan yang bentuknya juga seperti alat kelamin pria.

Mau tau apa saja jenis hewan yang bentuknya sama seperti alat kelamin pria? Simak ulasan berikut ini.

1. Priapulida

pria
instagram/@zar_artano

Nama Priapulida atau cacing penis diambil dari nama dewa Yunani bernama Priapus. Dewa ini adalah dewa kesuburan yang konon katanya selalu ereksi. Cacing ini biasanya tinggal di dalam lumpur, dan menggunakan tubuhnya yang licin dan silindris untuk menggali tanah. Cacing penis yang habitatnya di Teluk Alaska ini sudah ada sejak zaman purba di era Cambrium hingga sekarang.

2. Teripang

teripang
instagram/@wonderfularu

Teripang atau timun laut ini adalah hewan invertebrara yang bisa dimakan. Bahkan teripang sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Hewan yang dimasukkan dalam kelas Holothuroidea terbagi dalam lebih dari 1200 jenis.

3. Manaconda

cacing
insolitanaturaleza

Amfibi di Amazon, Brazil ini memiliki tubuh yang licin dan keriput. Warga Brazil bahkan menyebut manaconda sebagai ular penis. Amfibi yang tidak bisa melihat ini diketahui bisa tumbuh hingga 1 meter. Menurut International Union for Conservation of Nature, amfibi predator ini masuk dalam kategori hewan langka yang terancam punah.

4. Cacing Acorn

caacing
Encyclopedia of Life

Hewan dengan nama latin Enteropneusta ini hidup di dasar lautan dan mampu merayap di antara permukaan lumpur atau pasir di lautan. Berdasarkan penelitian, cacing ini bisa tumbuh dari 45 centimeter hingga 1,5 meter. Cacing Acorn bisanya memakan lumpur atau pasir dan mengekstrak detritus organik.

5. Ikan penis

ikan
instagram/@baynaturemagazine

Hewan dengan nama latin Urechis Unicinctus ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah. Di Korea Selatan ikan penis dikenal dengan nama gaebul. Di China, disebut dengan Haichang, sedangkan di Jepang disebut Yumushi.

6. Geoduck

geoduck
instagram/@falandodeciencia

Geoduck atau Panopea Generosa adalah spesies yang masuk dalam keluarga Hiatellidae. Dengan cangkang berukuran 15 hingga 20 centimeter, serta leher maksimal sepanjang 1 meter, Geoduck menjadi kerang terbesar di dunia.

7. Belut penis

belut
Wikipedia

Belut penis atau yang juga dikenal ikan ventilasi jambon (Thermarces Cerberus) ini dapat hidup dalam suhu tinggi, karena tinggal di dekat ventilasi hidrotermal bawah laut di Samudera Pasifik yang mengeluarkan gelembung panas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU