The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Mitos Seputar Gerhana Matahari Cincin dari Berbagai Negara
Gerhana Matahari Cincin (Unsplash/Jongsun Lee)
Fakta Dan Mitos

Inilah Mitos Seputar Gerhana Matahari Cincin dari Berbagai Negara

Ternyata begini mitosnya..

Kamis, 26 Desember 2019 10:30 WIB 26 Desember 2019, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Tepatnya hari ini, 26 Desember 2019, terjadi fenomena langka yang bisa disaksikan di langit Indonesia dan beberapa negara lainnya. Yup, fenomena tersebut adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan melewati beberapa wilayah termasuk di Indonesia. 

Fenomena Gerhana Matahari Cincin selalu dikaitkan dengan mitos-mitos yang membuat banyak orang penasaran bahkan hingga ketakutan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini mitos-mitos seputar gerhana matahari cincin.

1. Sebuah Tanda Bencana 

Gerhana Matahari Cincin
Ilustrasi (Pexels/Amol Mande)

Masyarakat Yunani kuno percaya fenomena Gerhana Matahari Cincin adalah pertanda amarah para dewa dan sebuah tanda akan terjadi bencana besar. Beberapa warga India bahkan berpuasa saat terjadi gerhana matahari, karena mereka percaya bahwa makanan yang dimasak saat gerhana terjadi itu beracun.

2. Seekor Naga yang Menelan Matahari 

Mitos ini diyakini oleh Tiongkok kuno yang percaya bahwa kegelapan dari gerhana matahari itu disebabkan oleh naga langit yang menelan matahari dan bulan saat terjadi gerhana.

3. Terjadi Pertengkaran dan Perdamaian

Gerhana Matahari Cincin
Ilustrasi (Unsplash/Jongsun Lee)

Menurut suku Batammaliba di Afrika, gerhana matahari atau bulan terjadi karena keduanya sedang berperang di langit. Oleh karena itu, setiap terjadi gerhana, anggota suku Batammaliba melakukan sebuah ritual untuk mendamaikan kembali supaya kegelapan cepat berlalu.

4. Gerhana Matahari dapat Menyebabkan Wabah

Penduduk di Transylvania percaya bahwa gerhana matahari dapat menyebabkan berbagai macam wabah.

5. Perempuan Hamil Harus di Dalam Rumah

Perempuan Hamil
Ilustrasi (Unsplash/Camylla Battani)

Yup, mitos ini masih ada sampai sekarang. Perempuan yang sedang hamil nggak boleh berada di luar rumah selama gerhana matahari berlangsung. Bahkan, para ibu hamil diminta untuk membawa gunting sebagai bentuk keamanan apabila terjadi sesuatu.

6. Anjing Mistis yang Mencuri Matahari

Mitos ini dipercaya oleh masyarakat Korea bahwa Gerhana Matahari Cincin terjadi karena anjing-anjing mistis yang berusaha mencuri matahari.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Alwan
Mauliyana Puspa Adityasari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US