The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misteri Monster Loch Ness, Makhluk Purbakala yang Tak Bisa Dipecahkan Keberadaannya
Sosok makhluk yang diduga Monster Loch Ness. (Photo/Mirror)
Fakta Dan Mitos

Misteri Monster Loch Ness, Makhluk Purbakala yang Tak Bisa Dipecahkan Keberadaannya

Kamis, 27 Januari 2022 12:29 WIB 27 Januari 2022, 12:29 WIB

INDOZONE.ID - Dinosaurus merupakan hewan yang dipercaya hidup pada zaman dahulu dan menjadi hewan purbakala yang menghuni Bumi. Namun di Skotlandia, selain dinosaurus, terdapat satu makhluk lagi yang dipercaya hidup hingga menjadi mitos serta abadi.

Monster Loch Ness atau disebut dengan Nessie adalah makhluk purbakala yang populer dan dipercaya hidup sejak 1.500 tahun yang lalu dan sering menjadi buah bibir surat kabar lokal. Bahkan saking populernya, monster yang satu ini menjadi inspirasi dalam pembuatan film, serial TV dan juga sebagai ikon pariwisata di Skotlandia.

Baca Juga: Misteri Mercusuar Berusia 121 Tahun di Skotlandia yang Tidak Pernah Terjawab

Dikutip dari LiveScience, The Inverness Courier pada tahun 1933 mengabarkan sepasang kekasih mengaku telah melihat seorang binatang raksasa menggelinding dan jatuh di permukaan danau. Selain kisah tersebut, ada pula yang mengaku bahwa mereka telah melihat binatang tersebut berada di daratan. Kisah ini pun menjadi viral hingga dilakukanlah penelitian terkait makhluk tersebut.

Para peneliti dari Selandia Baru langsung mengambil peran untuk menemukan bukti dari pernyataan tersebut.  Meski sempat ragu lantaran pernyataan tersebut seakan tidak bertanggung jawab, namun pada tahun yang sama tetap melakukan penelitian terkait adanya monster di Loch Ness.

Mereka mengambil seluruh catatan terhadap sampel DNA spesies yang terdapat di air danau. Hasilnya, dipastikan bahwa air di danau tersebut tidak mengandung jejak DNA "monster" Loch Ness, termasuk ikan, babi, burung, manusia dan bakteri yang membuktikan keberadaan sang monster.

Penelitian pun berlanjut untuk membuktikan kembali terkait mitos monster Loch Ness. pada tahun 2018 silam, peneliti kembali mengambil 250 sampel air dari permukaan dan bagian dalam danau selama dua minggu.

Hasilnya, DNA tersebut justru malah merujuk kepada hewan belut. Sehingga peneliti meyakinkan bahwa orang-orang yang melihat Monster Nessie tersebut bukanlah hewan purbakala, melainkan belut yang tumbuh terlampau besar.

Bahkan hasil penelitian tersebut menyebutkan, jika memang benar ada monster Nessi, maka makhluk tersebut memiliki keahlian yang cukup hebat dalam bersembunyi di lingkungannya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US