Awal Mula Heroin Diciptakan Oleh Bayer Sebagai Obat Batuk
(photo/wikimedia)
Fakta Dan Mitos

Awal Mula Heroin Diciptakan Oleh Bayer Sebagai Obat Batuk

Kana
Senin, 22 Juli 2019 15:22 WIB 22 Juli 2019, 15:22 WIB

Awalnya Heroin diciptakan oleh Bayer AG pada 1898 sebagai obat batuk. Jika Opium diekstrak, akan dihasilkan morfin. Morfin yang diekstrak lebih lanjut akan menghasilkan heroin.

Heinrich Dreser adalah seorang ahli kimia Jerman yang bertanggung jawab atas proyek aspirin dan heroin di Bayer AG. 

AWalnya heroin memang digunakan sebagai obat sakit kepala, disentri, asma, demam biasa hingga malaria, tuberkolosis (batuk berdarah), menghilangkan letih-lesu bahkan mengobati penyakit kelamin.

Perusahaan raksasa farmasi dari Jermanlah yang pertama kali memperkenalkan heroin sebagai obat batuk sirup pada 1898. Perusahaan farmasi ini adalah Bayer AG.

Saat itu, Heinrich Dreser sedang mencari penekan batuk yang tidak memiliki efek samping, terutama kecanduan seperti morphine dan codeine. Tentu dalam masa pencarian formula ini tidak lepas dari peran seorang ilmuwan.

HistoryCollection.co
(photo/HistoryCollection.co)

Pada November 1898, Dreser mempresentasikan obat temuannya pada Kongres Naturalis dan Dokter Jerman. Ia mengklaim bahwa heroin 10 kali lipat lebih efektif dari obat batuk biasa, namun hanya mengandung sedikit bahan toksik.

Obat batuk sirup baru itu juga diklaim Dreser sebagai obat yang lebih efektif dibandingkan morfin sebagai penahan sakit. Sayangnya, di tahun Bayer AG melakukan produksi skala besar, lama-kelamaan, keganjilan mulai terlihat.

Para dokter merasa curiga ketika melihat catatan banyak sekali permintaan pasien akan obat batuk sirup ini meskipun para pasien tidak memiliki keluhan pada saluran pernapasannya. Lalu para ilmuan dan para dokter melakukan penelitian ulang terhadap heroin ini.

Akhirnya mereka menemukan kejanggalan pada obat tersebut, ternyata Heroin bisa menimbulkan ketergantungan dengan tingkat sampai 4 kali dari morphine. Bayer AG kemudian menghentikan produksi dan pemasaran obat batuk sirup heroin pada 1913. kemudian secara luas, heroin dilarang penggunaannya pada tahun 1924.
 

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Kana

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE