The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cantik Tapi Berbisa, Ini 5 Ular Paling Mematikan di Dunia
Eyelash Viper. (Pixabay/Werner Eckhard)
Fakta Dan Mitos

Cantik Tapi Berbisa, Ini 5 Ular Paling Mematikan di Dunia

Salah satunya ada di Indonesia.

Kamis, 18 Juni 2020 12:36 WIB 18 Juni 2020, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Ular merupakan salah satu hewan melata yang seringkali dihindari manusia. Bagi sebagian orang, ular adalah hewan yang menakutkan. Ular ditakuti karena memiliki bisa dan lilitan yang berbahaya.

Beberapa jenis ular berbisa ternyata memiliki warna yang cantik dan elegan. Kamu jangan tertipu dengan keindahan warna cantiknya ya, karena ular-ular di bawah ini memiliki bisa yang sangat mematikan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020), Inilah 5 ular cantik berbisa yang mematikan di dunia. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Eastern Coral Snake

Berbahaya! 5 Ular Cantik Berbisa yang Mematikan di Dunia
Eastern Coral Snake. (Richard Bartlett)

Ular cantik berbisa yang pertama yakni Eastern Coral Snake atau ular karang. Meski memiliki warna yang indah, ular ini memiliki bisa yang mematikan. Ular ini memiliki warna kombinasi kuning, orange dan hitam.

Menurut para ahli, Eastern Coral Snake memiliki bisa dua kali lipat dari ular derik atau Rattlesnake. Ular ini dapat ditemukan di Asia bagian selatan, timur, dan tenggara, serta Amerika.

2. Samar Cobra

Berbahaya! 5 Ular Cantik Berbisa yang Mematikan di Dunia
Samar Cobra. (pinterest)

Samar Cobra atau yang memiliki nama ilmiah Naja samarensis merupakan salah satu ular cantik yang memiliki bisa sangat mematikan. Ular ini memiliki perpaduan warna kuning dan hitam di tubuhnya.

Samar Cobra biasanya berbadan kekar dengan panjang 1 meter dan dapat tumbuh hingga 1,6 meter. Ular ini hidup di dataran rendah dan daerah berhutan di wilayah Filipina Utara, Pulau Luzon, Mindoro, Catanduanes, Azria dan Masbate.

3. Red Headed Krait

Berbahaya! 5 Ular Cantik Berbisa yang Mematikan di Dunia
Red Headed Krait. (ularindonesian)

Ular cantik berbisa selanjutnya berasal dari Indonesia. Red Headed Krait atau ular kepala merah memiliki warna yang indah. Kepala dan ujung ekornya berwarna merah, sementara badannya memiliki warna hitam.

Ular ini memiliki bisa neurotoksin kuat yang menyerang sistem saraf yang dapat hampir pasti menyebabkan kematian jika tidak ditangani. Ular ini bisa ditemukan di Bangka, Sumatera, Jawa, Billiton, dan Kalimantan.

4. Eyelash Viper

Berbahaya! 5 Ular Cantik Berbisa yang Mematikan di Dunia
Eyelash Viper. (animalspot)

Eyelash Viper merupakan ular cantik berbisa yang sangat mematikan. Ular berwarna kuning keemasan ini juga memiliki mata yang sangat indah dengan sisik di atas mata yang menyerupai bulu mata.

Ular berbisa ini bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Eyelash Viper memiliki taring besar seperti jarum suntik di bagian depan rahang atas yang terlipat saat tidak digunakan, dan memiliki organ, atau lubang yang peka terhadap panas, yang terletak di kedua sisi kepala di antara mata dan hidung.

5.  White-Lipped Pit Viper

Berbahaya! 5 Ular Cantik Berbisa yang Mematikan di Dunia
White-Lipped Pit Viper. (Instagram/@achmalfairuz)

White-Lipped Pit Viper (Trimeresurus insularis) atau ular bangkai merupakan salah satu ular cantik berbisa yang bisa kamu temui di Indonesia. Daerah penyebarannya di Jawa, Bali, Lombok, Pulau Komodo, Sumba dan Sumbawa.

Ular ini memiliki warna biru, kuning atau hijau. Trimeresurus insularis aktif pada malam hari, perburuannya dalam gelap malam amat dibantu oleh indra penciuman (panas) tubuh yang terletak pada dekik pipinya. Panjang maksimum ular ini mencapai 93cm.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US