The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah
Ikon DKI Jakarta, Monumen Nasional (Monas). (Instagram/@monumen.nasional)
Fakta Dan Mitos

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah

Siapa saja?

Kamis, 19 November 2020 19:59 WIB 19 November 2020, 19:59 WIB

INDOZONE.ID - Banyak masalah yang terjadi di DKI Jakarta, diantaranya macet, sampah, banjir dan berbagai masalah lainnya. Berbagai masalah tersebut harus bisa diselesaikan oleh gubernur beserta wakilnya.

Karena itulah menjadi pemimpin di Ibu Kota bukan hal yang mudah. Diperlukan kesabaran yang tinggi untuk menghadapi segudang masalah yang ada di Jakarta. Namun, beberapa pemimpin DKI Jakarta ini terkadang menjadi galak dan tegas saat memimpin.

Melansir berbagai sumber, inilah empat Gubernur DKI Jakarta paling galak sepanjang sejarah. Siapa saja? Simak berikut ini.

1. Ali Sadikin

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah
Ali Sadikin. (Wikipedia/Nationaal Archief)

Letnan Jenderal KKO Ali Sadikin atau yang dikenal dengan nama Ali Sadikin adalah gubernur DKI Jakarta yang diangkat langsung oleh Ir. Soekarno. Ali Sadikin bersama wakilnya, RHA Wiriadinata, menjabat sejak 28 April 1966 hingga 1977.

Di balik sosoknya yang rendah hati, Ali Sadikin dikenal memiliki ketegasan yang tinggi. Hal ini diakui oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Menurutnya, Ali Sadikin adalah sosok pemimpin yang keras dan galak.

2. Soerjadi Soedirdja

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah
Soerjadi Soedirdja. (wikipedia)

Pada tahun 1992 hingga 1997, DKI Jakarta berada di bawah kepemimpinan Soerjadi Soedirdja dan tiga Wakil Gubernurnya, yaitu M. Idroes, Tubagus Muhammad Rais dan RS Museno.

Soerjadi Soedirdja adalah sosok berdarah betawi asli yang dikenal sedikit bicara dan banyak kerja, ia juga dikenal sebagai sosok yang tegas dan cenderung galak. Salah satunya ketika ia melakukan penyelidikan kantor-kantor kelurahan yang tidak terurus akibat penyelewengan anggaran pembangunan.

3. Sutiyoso

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah
Sutiyoso. (wikipedia)

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr.(H.C.) H. Sutiyoso atau yang biasa disapa Bang Yos ini menjabat sebagai Gubernur Jakarta selama dua periode berturut-turut. Ia menjabat sejak 6 Oktober 1997 hingga 7 Oktober 2007, dibantu oleh Abdul Kahfi, Boedihardjo Soekmadi, Djailani dan Fauzi Alvi pada periode pertama dan Fauzi Bowo pada periode kedua.

Meski tidak segalak Ali Sadikin, sosok Sutiyoso juga dikenal sebagai sosok Gubernur yang tegas dan berani. Salah satu momen 'galak'nya keluar ketika pemberitaan media dianggapnya mengadu domba ia dan Agum Gumelar. Ia memarahi wartawan agar tidak mengadu domba dirinya.

4. Basuki Tjahaja Purnama

4 Gubernur DKI Jakarta Paling Galak Sepanjang Sejarah
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (INDOZONE)

Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal dengan sapaan Ahok ini dikenal sebagai Gubernur yang tegas dan berani. Sejak menjabat pada 19 November 2014, Ahok kerap muncul dalam liputan media dengan aksi galaknya secara terang-terangan.

Ahok tidak segan untuk memarahi oknum-oknum yang ketahuan lalai menjalankan tugasnya. Salah satu aksi 'galak'nya yang cukup menyita perhatian adalah ketika dirinya beradu mulut dengan Haji Lulung di televisi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US