The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta atau Mitos: Plastik Sebabkan Kanker Jika Dipanaskan di Microwave?
Ilustrasi plastik makanan. (photo/Ilustrasi/Pexels/Lisa Fotios)
Fakta Dan Mitos

Fakta atau Mitos: Plastik Sebabkan Kanker Jika Dipanaskan di Microwave?

Jumat, 05 Februari 2021 15:39 WIB 05 Februari 2021, 15:39 WIB

INDOZONE.ID - Plastik adalah bahan yang sering kali dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Plastik juga dipercayai sebagai bahan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Namun, terdapat beberapa rumor atau asumsi mengenai penyakit kanker yang disebabkan karena pemanasan makanan di dalam plastik oleh microwave.Namun asumsi tersebut tidaklah benar. 

Plastik memang adalah bahan yang mengotori bumi serta sebagai bahan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi efek plastik tersebut tidaklah langsung dapat menyebabkan terjadinya kanker dikarenakan tergantung dari jenis plastik yang dipakai. 

Salah satu plastik yang buruk dibandingkan dengan plastik microwave jika dipanaskan adalah styrofoam. Styrofoam dipercayai dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan dikarenakan bahan tersebut mengandung zat styrene jika dipanaskan atau dijadikan sebagai untuk meletakkan makanan berlemak dan panas. 

Zat tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada saraf, sakit kepala, dapat meningkatkan resiko leukimia dan limfomia, serta dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin yang akan berpengaruh pada perkembangan bayi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US