The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anjing Bisa Deteksi Lebih dari 90% Kasus COVID-19!
Ilustrasi anjing. (photo/Ilustrasi/Pexels/Chevanon Photography)
Fakta Dan Mitos

Anjing Bisa Deteksi Lebih dari 90% Kasus COVID-19!

Senin, 24 Mei 2021 15:21 WIB 24 Mei 2021, 15:21 WIB

INDOZONE.ID - Anjing dapat dilatih untuk mendeteksi lebih dari 90 persen infeksi COVID-19, bahkan ketika pasien tidak menunjukkan gejala, sesuai dengan penelitian baru yang tersedia dalam pracetak. Memakai indera penciuman mereka, anjing telah menunjukkan mereka bisa mengendus penyakit seperti kanker, malaria, dan epilepsi. 

Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bukti konsep bahwa anjing dapat deteksi SARS-CoV-2. Peneliti di London School of Tropical Medicine ingin melihat apakah anjing dapat mendeteksi bau khas yang dikeluarkan dari senyawa kimia yang terkait dengan seseorang yang positif COVID, tetapi tidak menunjukkan gejala. 

Mereka pun mengumpulkan sampel pakaian dan masker wajah dari orang yang dinyatakan positif ringan atau bergejala. Sampel dari 200 kasus COVID-19 pun dikumpulkan dan diatur di tes laboratorium untuk 6 anjing yang telah dilatih untuk menunjukkan ada atau tidkanya senyawa kimia itu. 

Anjing-anjing itu perlu dilatih untuk tidak identifikasi "positif palsu" dalam upaya meretas sistem penghargaan mereka dan dapatkan camilan, meskipun tidak ada sampel COVID-19 dalam tes tertentu. Melihat hal itu, Claire Guest dari Fakultas Penyakit Menular dan Tropis di sekolah itu memberikan komentarnya.

"Ini berarti bahwa anjing sepenuhnya memahami dan mendapat hadiah untuk hasil yang benar negatif dan juga positif benar," ungkapnya. 

Peneliti kemudian pun memodelkan seberapa efektifnya tingkat keberhasilan ini dikombinasikan dengan tes PCR tradisional, dapat bantu mendeteksi kasus COVID-19 ringan atau tanpa ada gejala. Mereka menemukan bahwa menggunakan anjing untuk menyaring kedatangan di terminal seperti bandara dapat deteksi 91% kasus, dengan tingkat penularan 2,24 kali lebih rendah dibandingkan tes PCR.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US