The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian: Tidak Semua Orang Pintar itu Perfeksionis!
Orang pintar. (photo/Ilustrasi/Pexels/Ivan Samkov)
Fakta Dan Mitos

Penelitian: Tidak Semua Orang Pintar itu Perfeksionis!

Selasa, 19 Oktober 2021 15:54 WIB 19 Oktober 2021, 15:54 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin terdapat sebagian orang yang mempunyai sifat yang satu ini, yaitu sifat perfeksionis. Banyak orang yang mengatakan bahwa sifat perfeksionis yang dimiliki seseorang itu dimiliki orang pintar atau mempunyai kecerdasan otak yang tinggi. Ternyata anggapan itu, tidak sepenuhnya benar. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality, telah menemukan bahwa remaja yang mempunyai kemampuan kognitif yang lebih baik sebenarnya kurang peduli apakah ia buat kesalahan atau tidak. Penelitian ini ditulis oleh Jeroen Lavrijsen dari KU Leuven. 

Sebagai peneliti, dia berulang kali menemukan fakta bahwa seseorang yang cerdas memang cenderung khawatir berlebihan, salah satunya adalah khawatir melakukan kesalahan. Tetapi, khawatir melakukan kesalahan bukan menjadi satu-satunya pengukur kecerdasan dari seseorang. 

Penelitian pun mengambil data berskala besar sebanyak 3.168 siswa dari kelas 7 dari 27 sekolah di Belgia.  Hasil penelitian itu tunjukkan remaja dengan kecerdasan kognitif yang lebih baik memiliki harapan tinggi terhadap dirinya sendiri, tetapi tidak terlalu khawatir melakukan kesalahan. 

Tidak hanya itu saja, Jeroen juga menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui lebih jauh akan hubungan kecerdasan otak dengan perfeksionisme. Jadi, gimana guys menurut kamu mengenai penelitian yang satu ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US