The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Punya Penciuman Tajam, Kucing Ternyata Tak Suka dengan Beberapa Aroma Ini
Kucing mencium aroma tak sedap. (pinterest)
Fakta Dan Mitos

Punya Penciuman Tajam, Kucing Ternyata Tak Suka dengan Beberapa Aroma Ini

Jumat, 15 Oktober 2021 17:06 WIB 15 Oktober 2021, 17:06 WIB

INDOZONE.ID - Kucing memang dikenal sebagai binatang yang memiliki indra penciuman yang tajam dan sensitif. Hal ini dilihat dari kemampuannya mendeteksi aroma sedap dengan baik.

Jika kamu perhatikan, saat menggoreng ikan tentu kucing langsung mendekati dirimu lantaran wangi ikan saat digoreng sangatlah mengundang selera makan. Sama juga halnya dengan aroma lainnya, tentu kucing akan langsung mendekati aroma tersebut.

Namun sama seperti manusia, kucing juga memiliki ketidaksukaan mencium beberapa aroma. Beberapa aroma ini pun kadang membuatnya tidak nyaman dan memilih untuk pergi dari tempat tersebut.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Kucing Memiliki Nyawa Sembilan, Tak Mati Meski Jatuh dari Ketinggian

Kalau kamu memelihara kucing, kamuharustau 4 aroma berikut tidak disukai oleh kucing. Apa saja ya?

1. Aroma jeruk

Aroma jeruk yang segar disukai oleh manusia rupanya tidak disukai oleh kucing. Hal ini lantaran kucing memang tidak suka hal-hal dengan yang berbau buah jeruk.

Faktanya, jika kamu mengupas jeruk di dekatnya, mereka pasti akan menghindarimu. Aroma jeruk juga tidak disukai oleh beberapa hewan lain seperti nyamuk dan tikus.

2. Aroma ikan busuk

Meskipun kucing dikenal sangat menyukai ikan, namun hidung mereka dapat mendeteksi kesegaran ikan. Kucing akan menghindari bau ikan busuk meski mereka sangat lapar.

Hanya ikan kan yang masih segar yang dapat memancingnya mendekat dan berselera untuk makan. Itu sebabnya mengapa kucing tak mau dikasi makan ikan, bisa jadi karena ikan yang kamu beri memang sudah tidak lagi segar.

3. Lavender

Aroma lavender sangat banyak digunakan untuk produk pewangi. Baik itu pewangi ruangan maupun pewangi pakaian.

Banyaknya produk pewangi menggunakan aroma ini lantaran memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah.

Namun, jika kamu memelihara kucing, aroma lavender ini tidak hanya dihindari nyamuk, namun juga kucingmu. Kucing akan merasa terganggu apabila mencium aroma tersebut.

Belum diketahui alasan pastinya, namun yang jelas kucing akan mengelak jika ia mencium aroma yang kerap dijadikan aroma terapi bagi kebanyakan orang ini.

4. Bahan pembersih kimia

Dalam satu kesempatan mungkin kamu memerlukan pembersih kimia untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Namun, jangan pernah kamu gunakan di ruangan bermain kucingmu ya, karena hal ini tentu membuat kucing kesayanganmu merasa tidak nyaman.

Hal ini lantaran bahan kimia menyebabkan kucing dapat terkena masalah khusus seperti kulit yang sensitif maupun hal lainnya. Sehingga kamu harus memperhatikan kembali jika ingin menggunakan pembersih kimia.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US