The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Hiu Megalodon, Ikan Raksasa yang Punah karena Suhu Tubuh Terlalu Panas
Ikan Hiu. (Pexels/Ben Phillips)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Hiu Megalodon, Ikan Raksasa yang Punah karena Suhu Tubuh Terlalu Panas

Senin, 27 September 2021 11:07 WIB 27 September 2021, 11:07 WIB

INDOZONE.ID - Hiu Megalodon adalah ikan hiu yang dikenal sebagai ikan laut yang paling ditakuti oleh manusia karena taringnya yang tajam dan mengerikan.

Berbeda dengan ikan hiu yang kita lihat langsung di lautan, kebun binatang, maupun di film, hiu Megalodon berukuran lebih besar daripada hiu yang berada di laut.

Megalodon merupakan hiu purba yang berukuran raksasa, yang diketahui bisa tumbuh hingga sepanjang 18 meter.

Hiu ini menjelajahi lautan sejak 28 juta tahun yang lalu, artinya saat ini Hiu Megalodon dipastikan sudah punah.

Baca Juga: Mengenal 'Setan Nganji', Mitologi Terkenal yang Berasal dari Banten!

Jika hiu putih besar dianggap sebagai ikan hiu paling besar, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ukuran tubuh Megalodon. Megalodon berukuran 3 kali lipat lebih besar dari ikan hiu putih besar.

Dilansir dari The Guardian, para peneliti yang menemukan fosil Megalodon memperkirakan ukuran Megalodon yang baru lahir sudah sepanjang 2 meter. Bahkan, kebanyakan orang dewasa tidak mencapai 2 meter tingginya.

Dari penelitian yang dilakukan, tinggi sirip punggung Hiu Megalodon diketahui mencapai 1,62 meter. Sedangkan panjang kepalanya sekitar 4,65 meter dan panjang ekornya mencapai 3,85 meter. Ukuran gigi Hiu Megalodon bahkan mencapai 17,78 sentimeter.

Hasil penelitian dari University of Zurich menyatakan sebanyak satu per tiga hewan laut raksasa sudah mulai punah pada 5,3 juta tahun yang lalu.

Setelah dilakukan penelitian terhadap gigi Megalodon oleh Department of Enviromental Science di William Paterson University, menemukan penyebab ikan raksasa ini punah.

Hiu putih besar memiliki suhu tubuh sekitar 20 hingga 30 derajat celsius. Sedangkan hiu purba Megalodon mencapai 35 hingga 40 derajat celsius.

Dengan suhu tubuh ini, Hiu Megalodon membutuhkan banyak makanan. Namun, karena perubahan iklim, makanan yang dibutuhkan Hiu Megalodon semakin langka.

Makanan tersebut berpindah ke perairan yang lebih dingin, hingga membuat Hiu Megalodon kekurangan makanan dan akhirnya punah.

TAG
Putri
Abdul Fattah
Putri

Putri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US