The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Alam: Kebanyakan Kehidupan Laut akan Punah Sebelum Tahun 2300, Ini Penyebabnya!
Biota laut. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Fakta Alam: Kebanyakan Kehidupan Laut akan Punah Sebelum Tahun 2300, Ini Penyebabnya!

Sabtu, 07 Mei 2022 20:49 WIB 07 Mei 2022, 20:49 WIB

INDOZONE.ID - Ada beberapa fakta alam yang cukup mengerikan disampaikan oleh beberapa ilmuwan. Disebutkan bahwa jika gas rumah kaca tak dibatasi, maka kehidupan laut bisa punah lebih cepat, dan bisa mengakibatkan kepunahan massal terbesar dalam sejarah.

Disadur dari laporan Science Alert, Sabtu (7/5/2022), sebuah studi menemukan bahwa sebagian besar makhluk laut akan terkena kondisi yang panas di mana oksigen terbatas jika gas rumah kaca tidak segera dikendalikan.

Berdasarkan penelitian, semakin panasnya Bumi, semakin banyak spesies yang akan mati. Penilaian ini didasarkan pada "Kematian Hebat" yang terjadi 252 juta tahun yang lalu ketika dua pertiga dari semua kehidupan laut punah.

Peristiwa Kepunahan Massal di Depan Mata

Studi juga menunjukkan bahwa Bumi dapat menyaksikan tingkat kepunahan kehidupan laut pada tahun 2300 jika emisi gas kaca tidak dapat dikendalikan.

Saat suhu naik, spesies akan menghilang dari daerah tropis. Beberapa hewan akan pindah ke garis lintang yang lebih tinggi pada titik ini. Sementara spesies kutub berada di risiko kepunahan tertinggi.

Jika semua negara mematuhi janji mereka yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris 2015 untuk menjaga pemanasan di bawah 2°C, beberapa kehidupan laut dapat diselamatkan, ungkap studi itu.

Sebelumnya, tim dari Great Dying menemukan bahwa pemanasan global yang tak terkendali dan hilangnya oksigen bertanggung jawab atas peristiwa kepunahan massal. Hasil mereka cocok dengan pola yang diamati oleh ahli paleontologi dari catatan fosil Permian.

Curtis Deutsch, seorang ilmuwan dan profesor di Universitas Princeton mengatakan kalau kepunahan yang diprediksi tercatat pada skala geologis di antara keruntuhan biotik utama keanekaragaman dalam sejarah Bumi.

Fakta yang disampaikan ini akan membuktikan kalau spesies laut mengalami kepunahan akibat ulah manusia yang terus terjadi secara berlebihan. Oleh karenanya, banyak ilmuwan yang meminta negara untuk responsif terhadap pengurangan emisi gas kaca.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US