The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ritual Santet, Ilmu Gaib Mematikan yang Gunakan Benda Mati sebagai Media Perantara
Ilustrasi media santet. (Steemit.com)
Fakta Dan Mitos

Ritual Santet, Ilmu Gaib Mematikan yang Gunakan Benda Mati sebagai Media Perantara

Penjelasan ahli

Rabu, 18 Mei 2022 17:33 WIB 18 Mei 2022, 17:33 WIB

INDOZONE.ID - Budaya Indonesia memang sangatlah beragam, bahkan saking beragamnya tak terlepas dengan ritual mistis yang dilakukan di beberapa daerah atau suku tertentu.

Santet merupakan salah satu ritual mistis yang amat terkenal di Indonesia. Santet biasanya digunakan untuk melumpuhkan lawan atau musuh yang memiliki konflik cukup serius dengan seseorang.

Baca Juga: Dituduh Santet Penyakit Cacar Keponakan, 2 Warga Madura Sumpah Pocong, Begini Akibatnya

Dilihat dari akun TikTok @dewisundarikejawen, ia menjelaskan bagaimana kinerja santet dalam menaklukkan musuhnya. Santet cenderung menggunakan benda mati sebagai media perantaranya.

"Santet adalah serangan gaib yang menggunakan benda mati sebagai perantara. Meski sama dengan ilmu hitam lain seperti teluh, tenung ataupun guna-guna, santet memiliki perbedaan yang mendasar," terang akun tersebut.

Kemudian akun tersebut juga membandingkan kinerja santet dengan ilmu gaib lainnya. Dalam video tersebut, ia membandingkan dengan ilmu gaib teluh.

@dewisundarikejawen

Apa itu Santet? #kejawen #dewisundari #fyp #tiktok #love #like #viral #follow #youtube #likes #tiktokers

? original sound - Dewi Sundari - Dewi Sundari

Wanita dalam video tersebut pun mengatakan jika perbedaan santet dengan ilmu gaib lainnya terletak pada media perantara. Dimana santet cenderung menggunakan benda mati.

"Bedanya dimana? Bedanya ada pada perantara yang digunakan. Santet menggunakan perantara berupa benda mati seperti jarum, boneka dan pecahan kaca," jelas wanita tersebut.

Ia lantas membandingkan dengan teluh yang menggunakan benda bernyawa sebagai media perantara ilmu gaib kepada sasaran.

"Sedangkan teluh menggunakan unsur bernyawa seperti lintah atau belatung," sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dampak yang ditimbulkan akibat dari santet yakni sulit dideteksi oleh orang biasa. Ia lantas menyebut jika orang yaang terkena santet akan seolah-olah tampak sakit biasa namun bisa mematikan.

"Dibandingkan dengan serangan gaib yang lain, santet cenderung lebih halus pengerjaannya dan sulit dideteksi. Nampak seolah-olah sakit yang wajar padahal bukan, kurang lebih begitulah yang disebut dengan santet," tukasnya dalam video yang ditonton oleh 20ribu orang tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US