The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penampakan Ubur-ubur Hantu Raksasa di Laut Dalam California, Punya Mulut yang Sangat Lebar
Penampakan Ubur-ubur Hantu Raksasa. (MBARI)
Fakta Dan Mitos

Penampakan Ubur-ubur Hantu Raksasa di Laut Dalam California, Punya Mulut yang Sangat Lebar

Jumat, 03 Desember 2021 16:57 WIB 03 Desember 2021, 16:57 WIB

INDOZONE.ID - Para ilmuwan yang melakukan ekspediai kapal selam jarak jauh baru-baru ini telah merekam cuplikan salah satu hewan pemangsa bawah laut. Hewan itu dianggap sebagai hantu raksasa yang bersembunyi di perairan dalam Teluk Monterey, California.

Ubur-ubur hantu raksasa atau Stygiomedusa Gigantea tak sengaja tertangkap kamera saat mengambang di kedalaman laut lengan mulutnya yang panjang yang terurai seperti beludru mengikutinya.

Hewan ini merupakan salah satu ubur-ubur terbesar di bumi yang telah terlihat di bagian terdalam dari semua lautan dunia. Meski begitu, MBARI mengatakan bahwa penampakan makhluk itu masih jarang, karena mereka biasanya hidup terlalu jauh untuk diakses oleh manusia menggunakan kapal selam jarak jauh.

Baca Juga: Penyelam Asal Inggris Ini Menemukan Ubur-ubur Terbesar di Dunia

Diprediksikan ubur-ubur hantu raksasa ini hidup pada kedalaman 3.200 kaki (975 meter) oleh ahli biologi kelautan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute ( MBARI).

Ubur-ubur Hantu Raksasa
Penampakan Ubur-ubur Hantu Raksasa di bawah laut. (MBARI)

Ubur-ubur ini berbentuk seperti lonceng dan topi matahari dari penghuni laut dalam yang memiliki lebar lebih dari 3,3 kaki (1 meter). Hewan ini juga memiliki lengan mulut seperti pita yang dapat tumbuh hingga lebih dari 33 kaki (10 m), ungkap MBARI.

Momen ini adalah satu dari sembilan kali ilmuwan MBARI melihat makhluk yang sulit ditangkap di ribuan penyelaman kapal selam dalam beberapa dekade belakangan.

"Jeli hantu raksasa pertama kali dikumpulkan pada tahun 1899. Sejak itu, para ilmuwan hanya bertemu hewan ini kurang dari 100 kali," kata MBARI dalam sebuah pernyataan.

Tak banyak yang diketahui tentang ubur-ubur hantu raksasa ini, tetapi para ilmuwan berpikir ia menggunakan lengan mulutnya yang  seperti syal di belakang tubuh untuk menjerat mangsa yang malang dan menarik mereka ke mulutnya.

Makhluk itu mendorong dirinya sendiri melalui kedalaman laut yang gelap gulita dengan denyut periodik dari kepala oranyenya yang bercahaya redup.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US