The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Manfaat Banyak Senyum Menurut Penelitian, Bukan Hanya Sebatas Sedekah dan Ibadah
Ilustrasi senyum. (freepik)
Fakta Dan Mitos

Fakta Manfaat Banyak Senyum Menurut Penelitian, Bukan Hanya Sebatas Sedekah dan Ibadah

Rabu, 20 April 2022 12:25 WIB 20 April 2022, 12:25 WIB

INDOZONE.ID - Bagi umat Islam, kalimat tentang 'senyum adalah ibadah' atau 'senyum adalah sedekah' mungkin kerap terdengar di telinga sehari-hari. Lantaran, senyum merupakan hal yang paling mudah dilakukan.

Namun, tak hanya sekedar sebagai ibadah dan sedekah. Para ilmuwan baru-baru ini mengungkap alasan manfaat senyum agar sering-sering dilakukan oleh setiap orang.

Baca Juga: Senyuman Pria Tua yang Tak Punya Rumah Ini Sangat Tulus, Netizen Jadi Terharu Melihatnya

Dikutip Live Science, para ilmuwan psikologi dari University of Tennesse, Knoxville dan Texas A&M melaporkan bahwa ekspresi wajah memiliki dampak pada perasaan setiap orang. Yang mana untuk senyum sendiri selalu digambarkan dengan ekpresi kebahagiaan.

Nicholas Coles, mahasiswa PhD di University of Tennessee menjelaskan bahwa sebenarnya tak selalu senyum memberikan tanda bahwa seseorang sedang merasa bahagia atau sebaliknya.

Namun, menurut Coles senyum dapat memberikan rangsangan kepada tubuh untuk berinteraksi  membentuk pengalaman sadar akan emosi dan lebih dekat mempelajari emosi manusia.

Para peneliti bahkan mengungkap jika senyum dapat memicu umpan balik bagi orang yang melihatnya. Misal, saat orang lain tersenyum pada kita, tentu kita akan membalasnya dengan senyum juga.

Terutama, penelitian juga mendapati apabila seseorang mencoba untuk tersenyum bahkan dalam hal buruk sekalipun, tubuh mereka akan merangsang hormon yang membuat mereka merasa lebih baik.

Peneliti mengambil kesimpulan, bahwa bukti yang tersedia mendukung klaim sentral hipotesis bahwa wajah dapat memengaruhi pengalaman emosional.

Senyum ternyata terbukti dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Jadi jangan menunggu bahagia untuk tersenyum, tetapi tersenyumlah agar bahagia. Literatur agama dan bahkan ilmiah telah membuktikan manfaatnya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US