Kecil-kecil Mematikan, Ini Spesies Semut Paling Ganas
Instagram/@orbcatcher/@snagbug
Fakta Dan Mitos

Kecil-kecil Mematikan, Ini Spesies Semut Paling Ganas

Putri
Rabu, 06 November 2019 16:24 WIB 06 November 2019, 16:24 WIB

INDOZONE.ID - Semut adalah hewan yang mudah dijumpai di sekitar kita. Biasanya hewan kecil ini hidup di pekarangan rumah dan di sudut tertentu dalam rumah. Serangga yang hidup secara berkoloni ini terdapat sekitar 12.000 jenis semut yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dalam satu koloni biasanya ada kurang lebih ratusan ribu semut.

Biasanya semut yang ada di sekitar kita adalah jenis semut hitam, semut rangrang dan semut api. Walaupun ukurannya kecil dan bisa dibasmi dengan pestisida atau diinjak, ternyata ada lho jenis semut yang paling berbahaya bahkan racunnya yang mematikan.

Mau tau apa saja jenis semut yang paling berbahaya dan memiliki racun mematikan? Berikut ini ulasannya.

1. Semut Bulldog

semut
instagram/@far_tracer

Bukan hanya anjing, bulldog juga bisa berasal dari spesies semut. Dinamakan semut bulldog karena semut ini dinobatkan sebagai semut paling berbahaya di dunia oleh Guinness World Records. Sengatan dari semut bulldog ini dapat menimbulkan rasa nyeri hingga menyebabkan ketidakpekaan jaringan dalam waktu lama.

2. Semut Api

semut
Chase Pase Control

Ada lebih dari 200 spesies semut api yang masuk dalam genus Solenosi. Meski tubuh semut ini terlihat agak transparan, namun sengatannya akan menimbulkan sensasi terbakar di kulit dan sangat menyakitkan hingga membutuhkan penanganan medis.

3. Semut Tentara

semut
instagram/@snagbug

Walau tak termasuk dalam golongan semut beracun, namun semut tentara memiliki kemampuan membunuh yang sangat berbahaya. Semut ini bahkan bisa membunuh manusia. Semut ini akan membentuk suatu kelompok untuk menyerang korbannya. Biasanya dalam satu kelompok ada lebih dari 100 ribu ekor semut.

4. Semut Siafu

semut
Viralnova

Semut yang bisa ditemui di Afrika Timur dan tengah ini juga memiliki julukan Driver Ant. Semut yang dalam satu sarangnya terdiri dari 20 juta semut ini memiliki rahang yang sangat kuat untuk merobek tubuh mangsanya.

5. Semut Jack Jumper

semut
instagram/@orbcatcher

Semut ini identik dengan warnanya yang hitam serta memiliki capit dan kaki berwarna kuning. Tampilan semut yang satu ini lebih terlihat seperti seekor kalajengking. Namun, semut ini tak kalah bahayanya dengan kalajengking. Kandungan racun dalam semut ini dapat menyebabkan korbannya mengalami alergi, denyut jantung meningkat dan tekanan darah yang rendah.

6. Semut Florida Harvester

semut
Ugly Hedgehog

Semut yang mudah ditemukan di Amerika Selatan, Tengah dan Utara ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Konon katanya, racun semut ini sama bahayanya dengan racun ular kobra.

7. Semut penenun

semut
instagram/@meahvl

Semut yang memiliki nama lain green tree ant ini terbilang cukup unik karena bagian belakang tubuhnya berwarna hijau. Semut ini mudah ditemukan di Australia dan Asia Tropika. Meski tak terlalu berbahaya, namun gigitan semut ini dapat menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Gigitan semut penenun ini bak ditusuk jarum.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU