The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Itu Lampor? Ini Fakta menarik Mitos Keranda Terbang Jawa
keranda mayat (Pinterest.com)
Fakta Dan Mitos

Apa Itu Lampor? Ini Fakta menarik Mitos Keranda Terbang Jawa

Hati-hati ya!

Senin, 24 Oktober 2022 17:00 WIB 24 Oktober 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Kamu tahu lampor? mitos keranda terbang atau biasa yang disebut lampor ini memang menjadi cerita turun temurun yang ada di tengah-tengah masyrakat. 

Banyak orang yang percaya bahwa bila bertemu atau rumah kamu dilewati lampor makan akan terjadi marabahaya. Dalam mitos jawa, Lampor sendiri adalah jelmaan iblis dengan keranda yang datang pada malam hari.

Maka dari itu, orang tua pada zaman dahulu melarang anaknya untuk keluar rumah terlebih saat menjelang maghrib karena di percaya akan di bawa lampor.

Berikut INDOZONE telah merangkum terkait fakta-fakta menarik terkait mitos lampor keranda terbang. Simak dibawah ini!

1. Diartikan Sebagai Pertanda Buruk

Sebagian orang percaya bahwa, jika orang yang didatangi lampor maka akan terjadi hal buruk yang dalam kehidupan mereka. Percayakah?

2. Dikaitkan dengan Pasukan Nyi Roro Kidul

Menurut mitos yang beredar, dahulunya lampor merupakan pasukan nyi roro kidul yang tinggal di gunung. Lampor akan keluar ketika ada bahaya atau pesan balas dendam terhadap manusia.

3. Aktif di Malam Hari

Tidak heran jika makhluk seperti ini aktif di malam hari. Karena jin atau setan lebih suka aktif di malam hari dibanding siang hari.

Baca Juga: Sederet Fakta dan Mitos Gunung Rinjani Ini Perlu Diketahui Sebelum Mendaki!

4. Terkenal di Pulau Jawa 

Mitos lampor keranda terbang memang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat yang ada di pulau jawa. Mereka percaya bahwa lampor adalah makhluk jahat yang menganggu manusia.

5. Berbentuk Keranda 

Fakta menarik terakhir yaitu lampor merupakan sebuah keranda terbang yang dipercaya dikendarai oleh iblis. Lampor aktif dengan mengetuk pintu warga lho. Menyeramkan.

Fakta menarik terkait lampor keranda terbang diatas merupakan sebuah mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat yang ada di pulau jawa. Semoga informasi diatas dapat membantu.

Baca Juga: Fakta dan Mitos: Benarkah Kopi Bisa Mengganggu Tidur dan Menghambat Pertumbuhan?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raga Putra Wiwaha
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US