Keju Casu Marzu, Disajikan Penuh dengan Belatung Hidup
photo/squarespace.com
Fakta Dan Mitos

Keju Casu Marzu, Disajikan Penuh dengan Belatung Hidup

Indozone Media
Jumat, 11 Oktober 2019 21:00 WIB 11 Oktober 2019, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Bagi para pecinta keju, keju yang satu ini mungkin bisa jadi pertimbangan, namun pastikan dulu kalau kamu bukan seorang yang penjijik. Bagaimana tidak, keju ini disajikan dengan kondisinya yang diselubungi dengan belatung yang masih hidup. 

Keju casu marzu adalah nama keju unik ini, asalnya pertama kali ditemukan di Sardinia, Italia. Keju ini terbuat dari susu domba yang dipanaskan lalu dibiarkan mengendap dan diawetkan selama tiga minggu. Setelah diawetkan, bagian yang telah mengeras akan dipotong dan didiamkan. 

Selama masa pendiaman inilah yang akan mengundang lalat untuk makan dan bertelur pada permukaan keju. Keju ini masih harus didiamkan lagi selama tiga minggu di dalam tempat yang gelap. Telur lalat yang tadi pun akan berubah menjadi belatung atau larva. 

Keju yang dimakan oleh belatung dan masuk ke dalam pencernaannya akan menghasilkan rasa dan tekstur keju yang berbeda. Karena dianggap berbahaya maka keju ini telah dilarang oleh hukum kesehatan Italia dan tidak boleh diperjual belikan lagi, meski masih dapat ditemukan di pasar gelap Sardinia.  

TAG
Indozone Media
Indozone Media

Reka

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU