Akhilles Vs Hektor, Pembalasan Dendam untuk Sahabat
Ilustrasi (pinterest.com/Rebecca Baker)
Fakta Dan Mitos

Akhilles Vs Hektor, Pembalasan Dendam untuk Sahabat

Takdir tak dapat diubah

Selasa, 28 Januari 2020 16:15 WIB 28 Januari 2020, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Dengan peralatan perang baru yang dibuat langsung oleh Hefaistos sang Dewa Pandai Besi, Akhilles segera turun ke medan perang untuk mencari Hektor dan membunuhnya.

Setelah kehilangan Patroklos yang merupakan sahabat baiknya karena dibunuh oleh Hektor di medan perang, Akhilles memutuskan untuk membalaskan dendamnya. Karena kehilangan peralatan perangnya yang diambil oleh Hektor, Akhilles pun diberikan baju dan peralatan perang yang baru oleh ibunya, Dewi Thetis.

Dengan peralatan perang baru yang dibuat langsung oleh Hefaistos sang Dewa Pandai Besi, Akhilles segera turun ke medan perang untuk mencari Hektor dan membunuhnya.

Hektor dapat dikatakan sebagai pahlawan terkuat dari pasukan Troya, walaupun tidak sebanding dengan Akhilles. Hektor merupakan pangeran mahkota Troya sekaligus kakak dari Paris yang menjadi penyebab dimulainya Perang Troya.

Perang dipicu oleh perbuatan Paris yang merebut Helene, istri dari Menelaos yang merupakan Raja Sparta. Ketika menuju Troya, banyak pasukan Troya yang berusaha menghentikan Akhilles namun mereka semua justru dibunuh oleh Akhilles yang sedang dibutakan oleh balas dendamnya.

Bahkan Polidoros yang merupakan putra bungsu dari Raja Troya terbunuh oleh Akhilles. Walaupun ingin melawan ketika melihat adiknya mati di tangan Akhilles, Hektor tetap tidak memiliki keberanian untuk menghadapi Akhilles yang sedang mengamuk. Hektor pun sempat berlari mengelilingi dinding Troya sebanyak tiga putaran ketika sedang dikejar oleh Akhilles.

Di depan Gerbang Skaia, Hektor berhenti berlari karena ia melihat salah satu saudaranya menunggu di sana. Karena ia berpikir jika berdua ia masih sanggup untuk mengahadapi Akhilles. Namun ketika Hektor berbalik badan untuk menghadapi Akhilles, saudaranya tersebut tiba-tiba menghilang. Ternyata itu adalah perbuatan Dewi Athena yang menyamar agar Hektor mau menghadapi Akhilles.

Singkat cerita, Hektor tewas dengan tombak yang menancap di tubuhnya setelah duel melawan Akhilles. Walaupun sebelum memulai duel, Hektor sempat meminta agar tubuhnya nanti dikuburkan dengan layak, namun Akhilles tidak peduli dengan permohonannya itu. Ia pun mencopot baju perang miliknya yang sempat direbut oleh Hektor, kemudian menyeret tubuh Hektor dengan kereta perang menuju kamp Yunani.

Sebenarnya Dewa Zeus menyayangkan kematian Hektor, akan tetapi ia tidak dapat berbuat apa-apa karena Hektor telah ditakdirkan untuk mati di hari itu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU